KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang
telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga Praktikan dapat menyelesaikan
laporan PKM. Laporan ini disusun sebagai salah satu tugas mata kuliah PKM (PDGK
4209) Program S1- PGSD Universitas Terbuka.
Praktikan menyadari sepenuhnya bahwa
laporan ini tersusun bukan atas hasil usaha sendiri saja akan tetapi berkat
bimbingan, bantuan, motivasi dari semua pihak. Oleh karena itu Praktikan
mengucapkan terima kasih kepada:
1. Bapak Drs. Aris Sutiman sebagai supervisor
PKM Pokjar Sragen yang telah memberikan bimbingan kepada Praktikan dalam
mengikuti dan mengerjakan tugas-tugas PKM.
2. Ibu Siyamti M.Pd.I sebagai kepala sekolah
MIM Sidodadi Masaran Sragen yang telah memberikan ijin serta membimbing
Praktikan dalam melaksanakan kegiatan PKM, dan juga sudah bersedia menjadi
teman sejawat di MIM Sidodadi Masaran Sragen yang telah membimbing dan
memberikan masukan selama menjalankan praktek mengajar.
3. Seluruh teman mahasiswa yang tidak dapat
disebutkan satu persatu.
Praktikan menyadari bahwa laporan ini masih
jauh dari sempurna dan masih banyak kekurangan mengingat keterbatasan kemampuan
praktikan. Namun demikian praktikan berharap semoga bermanfaat bagi para
pembaca.
Sragen,
3 Mei 2012
Praktikan
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ……………………………………………………………
DAFTAR ISI ………………………………………………………………………
BAB I PENDAHULUAN
…………………………………………………..
A.
Latar Belakang Pembuatan Laporan …………………………
B.
Tujuan Pembuatan Laporan …………………………………..
C. Manfaat PKM …………………………………………………..
BAB II REFLEKSI
………………………………………………………….
A.
Latar Belakang Refleksi
……………………………………….
B.
Tujuan Refleksi …………………………………………………
C. Manfaat Refleksi ………………………………………………..
BAB III TEMUAN
– TEMUAN DALAM PEMBELAJARAN…………..
1. Pertemuan Pertama …………………………………………….
2. Pertemuan Kedua ………………………………………………
3. Pertemuan Ketiga ………………………………………………
4. Pertemuan Keempat ……………………………………………
5. Pertemuan Kelima ……………………………………………...
6. Pertemuan Keenam …………………………………………….
7. Pertemuan Ketujuh …………………………………………….
8. Pertemuan Kedelapan ………………………………………….
9. Pertemuan Kesembilan ………………………………………...
10. Pertemuan Kesepuluh ………………………………………….
11. Pertemuan Kesebelas …………………………………………...
12. Pertemuan Kedua belas ………………………………………..
BAB IV KESIMPULAN
DAN SARAN ……………………………………
A. Kesimpulan ……………………………………………………...
B. Saran …………………………………………………………….
BAB V PENUTUP
…………………………………………………………..
DAFTAR PUSTAKA …………………………………………………………….
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Pembuatan Laporan
Mengajar pada hakekatnya ialah membelajarkan siswa, dalam arti
mendorong dan membimbing
siswa belajar. Membelajarkan siswa mengandung maksud agar guru berupaya
mengaktifkan siswa belajar. Dengan demikian, di dalam proses pembelajaran guru
menggunakan berbagai strategi dan media semata-mata supaya siswa belajar (Sri
Anitah W, dkk, 2009:1.3).
Peningkatan kualifikasi pendidikan guru
diharapkan mampu meningkatkan professional mengajar guru. Hal ini sangat
penting dilakukan mengingat profesi mengajar merupakan pekerjaan yang tidak
mudah dilakukan. Dalam mengajar terkandung kemampuan menganalisis kebutuhan
siswa, mengambil keputusan apa yang harus dilakukan, merancang pembelajaran
yang efektif dan efisien, mengefektifkan siswa melalui motivasi ekstrinsik dan
intrinsik, mengevaluasi hasil belajar, serta merevisi pembelajaran berikutnya
agar lebih efektif dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan
demikian mengajar merupakan kegiatan managerial yang harus dapat dilakukan
secara professional.
Mengajar bukan sekedar kegiatan managerial
yang berdampak untung dan rugi saja, seperti kegiatan dalam dunia bisnis.
Mengajar menentukan masa depan peserta belajar sebab apa yang mereka terima
dalam pembelajaran dapat mempengaruhi perkembangan dan perilaku mereka dalam
kehidupan selanjutnya. Dengan kata lain apa yang dilakukan guru dalam
pembelajaran berdampak dalam jangka waktu yang panjang. Oleh karena itu guru
harus dapat mempertanggung jawabkan keputusannya secara moral, ilmiah, dan
professional dalam memberikan pembelajaran.
Program
pengajaran adalah suatu rencana pelaksanan proses belajar mengajar yang
didasarkan atas pertimbangan tujuan yang ingin dicapai, bahan, metode, alat,
alokasi waktu dan evaluasi agar siswa menguasai proses belajar dan hasil
belajar yang optimal. Peningkatan kualifikasi pendidikan guru diharapkan mampu
meningkatkan kemampuan professional mengajar. Guru dalam hal ini sangat penting
dilakukan mengingat profesi mengajar merupakan pekerjaan yang tidak mudah
dilakukan. Dalam mengajar terkandung kemampuan menganalisis kebutuhan siswa,
mengambil keputusan yang harus dilakukan, merancang pembelajaran yang efektif
dan efisien mengaktifkan siswa melalui motivasi, mengevaluasi hasil belajar,
merevisi pembelajaran agar lebih efektif. Mengajar merupakan kegiatan
manajerial yang harus dilakukan secara professional. Sebab yang siswa terima
dalm pembelajaran dapat mempengaruhi perkembangan dan perilaku mereka dalam
kehidupan selanjutnya (TIM FKIP, 2009:1.3).
B. Tujuan Pembuatan Laporan
Adapun tujuan pembelajaran PKM untuk meningkatkan
kemampuan dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran secara efektif dan
efisien. Dengan kata lain setelah mengikuti mata kuliah ini, diharapkan
memiliki kemampuan dalam:
1. Mempersiapkan pembelajaran sesuai dengan
kebutuhan peserta didik
2. Menyusun rencana pembelajaran dengan
menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran dan keilmuan bidang studi dengan tepat.
3. Melaksanakan pembelajaran secara efektif
dengan mengacu pada rencana pembelajaran yang telah dibuat.
4. Mengidentifikasi kelebihan dan kelemahannya
dalam mengajar melalui refleksi setelah melaksanakan pembelajaran.
5. Memperbaiki tindak pembelajaran berikutnya
dengan memperhatikan hasil evaluasi pembelajaran yang telah dilakukan
sebelumnya.
6. Mempertanggung jawabkan keputusan dan
tindak pembelajaran yang dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan dan
moral yang diacu.
C. Manfaat PKM
Dalam mengikuti pembelajaran PKM dengan
sungguh-sungguh, diharapakan dapat memberikan manfaat sebagai berikut:
1. Memiliki pengalaman belajar dalam
menerapkan berbagia pengetahuan dan pengalaman yang telah diperoleh melalui
tindak mengajar yang dipraktekkannya. Manfaat tersebut akan menjadikan kegiatan
pembelajaran sebagai sesuatu yang dinamis, menarik dan menantang, bukan hanya
untuk mahasiswa sebagai guru, tetapi juga untuk peserta didik.
2. Mempunyai kemampuan untuk menilai kekuatan
dan kelemahan diri sendiri dalam merancang dan melakukan pembelajaran serta
melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki kekurangannya dalam mengajar.
3. Terbiasa mengambil keputusan dan melakukan
perbaikan pembelajaran berdasarkan kaidah-kaidah keilmuan yang dapat
dipertanggung jawabkan kebenarannya oleh mahasiswa
4.
Dapat
memantapkan wawasan pengetahuan dan ketrampilan dalam melaksanakan proses
pembelajaran.
5.
Bagi
siswa, proses pembelajaran yang dilaksanakan guru menjedi semakin berkualitas,
paikem dan optimal keluaran yang dihasilkan.
BAB II
REFLEKSI
A.
Latar Belakang Refleksi
Guru yang baik adalah guru yang mau belajar
dari apa yang telah dilakukannya, guru yang mau melihat dan mau mengakui
kekuatan maupun kelemahannya beserta faktor-faktor yang membuat kuat atau lemah
dalam mengajar, guru yang mau berdialog dengan dirinya sendiri dan mau menerima
masukan dari pihak lain serta guru yang mau mengambil pelajaran dari apa yang
telah terjadi dan dilakukan sebelumnya untuk perbaikan dimasa mendatang.
Untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan
selama proses pembelajaran maka praktikan melaksanakan kegiatan Pemantapan
Kemampuan Mengajar (PKM) di MIM Sidodadi Kec. Masaran Kab. Sragen dengan tujuan
agar praktikan dapat meningkatkan kemampuan dalam merencanakan dan melaksanakan
pembelajaran secara efektif dan efisien. Dapat mempersiapkan pembelajaran
termasuk mengenali karakteristik kebutuhan belajar peserta didik, menyusun
rencana pembelajaran dengan menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran dan
keilmuan mata pelajaran secara tepat. Melaksanakan pembelajaran secara efektif
dengan mengacu pada rencana pembelajaran yang telah dibuat agar dapat
mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan dalam mengajar melalui refleksi.
Selain itu refleksi yang dibuat merupakan rangkaian Pemantapan Kegiatan
Mengajar (PKM).
B.
Tujuan Refleksi
Tujuan pembuatan laporan ini adalah:
1. Agar terbiasa menyimpulkan masalah-masalah
yang dihadapi dan menemukan solusi yang tepat atas masalah-masalah tersebut.
2. Agar dapat mengorganisasikan kekuatan dan
kelemahan dalam mengajar yang dimiliki selanjutnya dapat merumuskan apa
penyebabnya sekaligus merumuskan solusi yang tepat untuk mengembangkan
kelebihan dan mengatasi kekurangannya.
3. Memberi masukan dalam meningkatkan kekuatan
yang dimiliki agar lebih baik serta memperbaiki kelemahan yang ada.
4. Membantu dalam memahami, menguasai dan
mencapai kemampuan psikologis sebagai dasar bagi kekuatan guru dalam menghadapi
kegiatan berikutnya atau tantangan yang ada.
5. Melengkapi berkas Pemantapan Kemampuan
Mengajar (PKM)
C.
Manfaat Refleksi
Jika tujuan telah tercapai secara otomatis manfaat yang dapat
diperoleh dari pelaksanaan Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar ( PKM )
yaitu :
1. Untuk memberikan kesempatan pada diri kita
sebagai guru untuk melihat kekuatan dan kelemahan kita kita dalam mengajar, apa
yang sudah baik dan yang belum baik, serta faktor apa saja yang menyebabkan
perilaku mengajar kita tersebut baik dan kurang baik.
2. Memberikan masukan pada diri kita sebagai
guru dalam meningkatkan kekuatan yang dimiliki agar lebih baik serta
memperbaiki kelemahan yang ada agar menjadi baik atau paling tidak berkurang.
3.
Dapat
mengetahui respons siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan.
4.
Dapat
mengetahui tanggapan siswa terhadap kegiatan belajar yang telah dirancang,
teknik pembelajaran yang digunakan dan perilaku saya terhadap siswa, penilaian
yang saya berikan selama melaksanakan pembelajaran.
5.
Dapat
mengetahui peningkatan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang
disampaikan.
BAB III
TEMUAN - TEMUAN DALAM PEMBELAJARAN
1. Pertemuan Pertama
Mata Pelajaran : Matematika ( kelas v )
Materi : Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Biasa
a. Kelemahan yang saya temukan yaitu dalam
membuka pembelajaran ada anak yang kurang konsentrasi karena anak masih sibuk
sendiri
b. Kelemahan tersebut terjadi karena saya kurang
bisa menkondisikan kelas.
c.
Kebaikan
yang saya lakukan selama proses pembelajaran anak lebih antusias karena media
yang saya gunakan sesuai dengan materi.
d.
Kelebihan
tersebut terjadi kerena saya memberikan pelajaran cukup jelas, diulang-ulang
dan banyak memberikan contoh.
e. Hal-hal unik yang terjadi saat proses
pembelajaran yaitu ada salah satu siswa yang selalu minta perhatian.
f.
Dengan
memperhatikan proses pembelajaran maka untuk proses selanjutnya saya akan
menggunakan metode mengajar yang makin bervariasi.
2. Pertemuan kedua
Mata pelajaran : Matematika
( Kelas V )
Materi : Mengubah pecahan biasa ke dalam pecahan decimal
Mengubah
pecahan biasa ke bentuk persen
a. Kelemahan saya yaitu dalam penataan
kegiatan.
b. Penyebab kelemahan saya kurang bisa
mengkoordinir kegiatan awal sehingga kurang sesuai dengan yang diharapkan.
c. Kebaikan yang saya lakukan yaitu siswa
dapat melakukan pembelajaran sesuai dengan yang saya harapkan
d. Saya mencoba untuk melakukan yang terbaik
demi tugas yang saya emban.
e. Hal yang unik yaitu ada satu siswa yang
kurang konsentrasi pada pelajaran. Ternyata telinganya sakit.
f.
Dengan
memperhatikan proses pembelajaran maka untuk proses selanjutnya saya akan
menggunakan metode mengajar yang makin bervariasi.
3. Pertemuan Ketiga
Mata Pelajaran : IPA ( Kelas
V )
Materi : Sifat – sifat Cahaya
a. Kelemahan saya saat menyampaikan evaluasi,
anak mengerjakan terlalu cepat selesai karena soalnya terlalu mudah.
b. Penyebab kelemahannya yaitu saya kurang
mempertimbangkan bobot soal yang saya berikan
c. Kelebihannya siswa dapat mengerti dan paham
terhadap materi yang saya sajikan.
d. Penyebab kelebihan tersebut karena saya
menyajikan materi pelajaran tersebut dengan jelas.
e. Hal-hal unik yang terjadi yaitu anak yang
pandai meminta untuk segera ganti pelajaran yang baru karena merasa bosan.
f.
Dengan keberhasilan pembelajaran ini saya akan mempertahankan dan
mengembangkan lagi.
4. Pertemuan Keempat
Mata Pelajaran : IPA (
Kelas IV )
Materi : Sifat – sifat Cahaya (lanjutan)
Mengenal
alat-alat yang cara kerjanya memanfaatkan cahaya.
a. Kelemahan yang saya alami yaitu waktunya melebihi
dari rencana sebelumnya.
b. Penyebab kelemahannya yaitu Karena siswa
banyak yang belum mengetahui alat- alat yang dimaksud.
c. Kebaikan yang saya lakukan yaitu rencana
yang saya susun lebih tepat dan media yang saya berikan sesuai dengan materi.
d. Kelebihan tersebut terjadi karena saya
membawakan contoh alat dan menjelaskan cara memakainya dan fungsinya sehingga
siswa menjadi lebih tahu.
e. Hal-hal unik yang terjadi yaitu pada saat
tanya jawab, anak menanyakan hal-hal yang tidak termasuk dalam cakupan
pembelajaran.
f.
Dengan pembelajaran ini saya akan memperbaiki dalam hal pembagian waktu,
pada pertemuan berikutnya.
5. Pertemuan Kelima
Mata Pelajaran : IPS (
Kelas V )
Materi : Perjuangan para tokoh pejuang pada masa
Penjajahan Belanda
a. Kelemahan yang saya temukan selama proses
pembelajaran yaitu dalam pendekatan terhadap siswa, terbukti ada yang kurang
memperhatikan.
b. Kelemahan tersebut terjadi karena mungkin
materi yang saya sajikan kurang menarik sehingga malah lebih asyik sendiri.
c. Kelebihan selama proses pembelajaran adalah
anak mengikuti anak menjadi memperhatikan materi yang saya sajikan dengan baik.
d. Kelebihan tersebut karena dalam penyajian
materi saya menggunakan metode bercerita tentang sejarah dengan gaya bahasa
yang menarik sehingga siswa yang tadinya kurang memperhatikan menjadi lebih
memperhatikan.
e. Hal-hal unik yang terjadi yaitu kadang
siswa menanyakan hal- hal yang lucu dan menyimpang dari materi.
f.
Dalam pembelajaran ini, kedepannya saya akan menggunakan metode yang
lebih menarik dan tidak membosankan bagi anak demi meningkatnya hasil
pembelajaran.
6. Pertemuan Keenam
Mata Pelajaran : IPS (
Kelas IV )
Materi : Perjuangan tokoh pejuang pada masa
Penjajahan Belanda (Lanjutan)
a. Kelemahan saya terdapat dalam pengelolaan
kelas. Ada anak yang kurang memperhatikan pelajaran.
b. Penyebabnya adalah anak tersebut kurang tertarik dengan materi yang
saya ajarkan.
c. Kelebihan selama proses pembelajaran yaitu
anak didik mampu menguasai materi dengan baik dan bisa mengambil nilai-nilai
positif dari materi tersebut.
d. Hal tersebut karena materi yang saya
sajikan mengandung nilai –nilai positif dari para pahlawanan.
e. Hal yang unik yaitu ada anak yang ingin
menjadi seorang pahlawan.
f.
Dengan pelajaran ini kedepannya saya akan lebih memperhatikan dalam
pengelolaan kelas.
7. Pertemuan Ketujuh
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia ( Kelas V )
Materi : Tanggapan Cerita Tentang Peristiwa
a. Kelemahan pembelajaran yang saya alami
dalam pembelajaran ini yaitu keadaan kelas menjadi ramai.
b. Hal ini terjadi karena dalam memberi
tanggapan dari cerita yang saya sampaikan anak saling berebut sehingga keadaan
menjadi ramai.
c. Kelebihan selama proses pembelajaran yaitu
semua anak senang dan berkonsentrasi mendengarkan cerita yang saya sampaikan.
d. Kelebihan tersebut terjadi karena metode
yang saya gunakan cukup menarik perhatian anak.
e. Hal-hal unik yang terjadi yaitu salah satu
anak bercerita tentang peristiwa yang lucu.
f.
Dengan pembelajaran ini kedepannya saya akan berusaha bisa lebih baik
dalam pengusaan kelas sehingga kelas bisa lebih tenang dan terkendali.
8. Pertemuan Kedelapan
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia ( Kelas V )
Materi : Tanggapan Cerita Tentang Peristiwa
a. Kelemahan yang saya alami dalam proses
pembelajaran ini yaitu kurangnya waktu untuk
bercerita satu-satu.
b. Kelemahan tersebut terjadi karena cerita
dari anak ternyata panjang- panjang dan yang lain sangat antusias dalam member
tanggapan sehingga memakan banyak waktu.
c. Kelebihan pembelajaran ini anak cukup paham
dan mengerti dalam menyampaikan cerita dan memberi tanggapan dari cerita orang
lain.
d. Kelebihan tersebut terjadi karena anak
sangat antusias dalam menyampaikan
cerita.
e. Hal-hal unik yang terjadi yaitu salah satu
anak ada yang member tanggapan seakan – akan tidak percaya dengan apa yang
telah diceritakan temannya.
f.
Dalam pembelajaran ini kedepannya akan saya berikan batasan waktu pada
saat bercerita dan dalam pemberian tanggapan tidak harus semua anak memberikan
tanggapannya..
9. Pertemuan Kesembilan
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan ( Kelas V )
Materi : Organisasi
a.
Kelemahan
yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah metode yang saya gunakan
tidak semuanya ditanggapi siswa, mungkin kurang menarik bagi siswa.
b.
Kelemahan
tersebut terjadi karena metode yang saya gunakan kurang variatif.
c.
Kebaikan
yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah dapat memotivasi siswa
untuk belajar yang lebih baik.
d.
Kelebihan
tersebut terjadi karena karena dapat memotivasi siswa dalam mengikuti proses
pembelajaran.
e.
Hal-hal
unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah ada anak yang ingin mendirikan organisasi
sendiri.
f.
Dengan
memperhatikan proses pembelajaran kedelapan berusaha untuk memotifasi siswa
agar pembelajaran bisa berjalan
dengan lancar.
10. Pertemuan Kesepuluh
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan ( Kelas V )
Materi : Kebebasan Berorganisasi
a. Kelemahan yang saya temukan yaitu keadaan
kelas menjadi ramai
b. Kelemahan tersebut terjadi karena materi
yang saya sajikan tentang kebebasan setiap orang untuk berorganisasi sehingga
anak menjadi ramai untuk mau memilih organisasi yang akan diikutinya.
c. Kelebihan yang saya alami yaitu materi yang
saya sajikan cukup bisa dipahami oleh sebagian besar anak.
d. Kelebihan ini karena saya berusaha
menjelaskan kembali hal-hal belum dimengerti oleh anak.
e. Hal-hal unik yang terjadi yaitu masih juga
ada anak yang tidak mau ikut organisasi lainnya dan malah memilih untuk
mendirikan organisasi sendiri.
f.
Berdasarkan pembelajaran ini kedepannya saya akan bisa lebih menguasai
kelas agar keadaan tidak terlalu ramai.
11. Pertemuan Kesebelas
Mata Pelajaran : Matematika
( Kelas V )
Materi : Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan biasa
a. Kelemahan yang saya temukan dalam proses
pembelajaran yaitu anak minta diulang dalam penjelasannya.
b. Kelemahan tersebut karena mungkin saya
dalam penyampaian materi terlalu cepat sehingga anak masih belum paham.
c. Kelebihan yang saya alami yaitu semua anak
paham dan mampu menguasai materi dengan baik.
d. Kelebihan tersebut terjadi karena saya mengulang
– ulang dalam menyampaikan materi sampai anak benar- benar paham dan jelas
tentang materi yang saya ajarkan.
e. Hal-hal unik yang terjadi yaitu masih ada
anak yang bilang “ Susah “ walaupun sudah di uang beberapa kali.
f.
Dalam pembelajaran ini kedepannya saya akan lebih memperhatikan
kemampuan awal anak sebelum menyampaikan materi.
12. Pertemuan Kedua belas
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan ( Kelas IV )
Materi : Kebebasan Berorganisasi
a. Kelemahan yang saya alami dalam proses
pembelajaran yaitu pengertian anak kurang sesuai dengan yang diharapkan.
b. Kelemahan ini terjadi karena materi ini
lebih mengacu pada UUD 1945 sehingga masih banyak anak yang belum paham.
c. Kelebihan dalam proses pembelajaran yaitu
anak senang mengikuti pelajaran dan cukup mengerti terhadap materi yang
disajikan.
d. Hal tersebut karena anak menjadi tahu
tentang kebebasan dalam memilih ataupun mendirikan organisai sudah diatur dalam
UUD 1945 dan anak menjadi antusias.
e. Hal-hal unik yang terjadi saat proses
pembelajaran yaitu ada anak yang sudah mempunyai nama untuk organisasi yang
akan didirikannya.
f.
Untuk pembelajaran yang akan dating saya akan menyuruh siswa untuk
membawa buku UUD 1945.
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
A. KESIMPULAN
Pada saat melaksanakan pembelajaran, masih banyak
kelemahan-kelemahan (penyebab kelemahan) dan kelebihan-kelebihan (penyebab
kelebihan) diantaranya adalah : metode, media, pengelolaan kelas dan sebagainya
yang akan mempengaruhi proses dan hasil pembelajaran bagi guru, siswa dan
lembaga.
1.
Kegiatan
pelaksanaan PKM cukup baik, persiapan, pembekalan dan bimbingan telah sesuai.
2.
Buku
panduan PKM untuk mahasiswa sudah cukup baik tetapi masih kurang dalam
penyediaan buku pedoman PKM bagi sekolah mitra.
3.
Guru
kolega dan siswa-siswa tempat pelaksanaan PKM cukup membantu pelaksanaan PKM,
namun karena pelaksanaannya hampir bersamaan dengan Ujian Nasional dan Ujian
Sekolah agak sedikit mengganggu dalam pembuatan laporan.
B. SARAN
Agar manfaat
dari pelaksanaan PKM lebih baik, panitia dan peserta PKM sebaiknya :
1.
Menyelenggarakan
PKM pada pada semester ganjil agar tidak bersamaan waktu pelaksanaan Ujian
Nasional dan Ujian Sekolah.
2.
Penyelenggara
sebaiknya menyediakan buku pedoman bagi sekolah mitra sebagai referensi.
3.
Sebaiknya
proses bimbingan mencakup tentang PTK ( Penelitian Tindakan Kelas ).
4.
Guru lebih memperhatikan kegiatan pembelajaran agar pencapaian
penguasaan materi pelajaran lebih baik lagi.
5.
Penerapan metode yang digunakan harus bervariasi, sehingga akan
memotivasi siswa lebih aktif lagi dalam pembelajaran di kelas.
BAB V
PENUTUP
Pelaksanaan
pembelajaran melalui Pemantapan Kemampuan mengajar (PKM) salah satunya
bertujuan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan pembelajaran yang dilakukan
oleh seorang guru dan mahasiswa. Berdasarkan praktek yang telah dilaksanakan
dapat disimpulkan:
1. Secara umum kelemahan pembelajaran yang
saya lakukan adalah kurang tepatnya alat peraga/ media pembelajaran.
2. Secara umum kelemahan tersebut terjadi karena
sulitnya mencari media pembelajaran yang cocok dengan materi yang akan
disampaikan.
3. Secara umum kelebihan pembelajaran yang
saya lakuakan adalah tercapainya tujuan pembelajaran yang telah ditargetkan
walaupun siswa yang mencapai tujuan tidak keseluruhan.
4. Secara umum kelebihan tersebut terjadi
karena saya menyampaikan materi pembelajaran dengan metode yang tepat dan dapat
mengontrol serta mengaktifkan siswa secara menyeluruh.
5. Rangkuman perbaikan pembelajaran yang telah
dilakukan adalah dengan menyiapkan media pembelajaran yang sesuai, perbaikan
alokasi waktu dan penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi.
DAFTAR PUSTAKA
Tim FKIP. Materi Pokok
Pemantapan Kemampuan Mengajar ( PKM ). 2010. Jakarta.
Universitas Terbuka.
Anitah
W, Sri, dkk, 2009, Strategi Pembelajaran di SD, Universitas
Terbuka, Jakarta.
Departemen Pendidikan Nasional. 2000. Kamus Besar Bahasa Indonesia
Edisi Ketiga. Jakarta.
Balai Pustaka
Mantap Kak
BalasHapusizin jadikan bahan referensi ya kak
Bagus dan rapi
BalasHapus