RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/ Semester : V / 2
Alokasi Waktu : 2x35
menit (1 Pertemuan)
I. STANDAR KOMPETENSI
3. Memahami
kebebasan berorganisasi.
II. KOMPETENSI DASAR
3.1 Mendeskripsikan pengertian organisasi.
III. INDIKATOR
1. Menjelaskan unsur-unsur dan ciri-ciri organisasi.
2. Menjelaskan pentingnya berorganisasi.
3. Mendeskripsikan pengertian organisasi.
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat menjelaskan unsur-unsur dan
ciri-ciri organisasi.
2. Siswa dapat menjelaskan pentingnya
berorganisasi.
3. Siswa dapat mendeskripsikan pengertian
organisasi.
&
KARAKTER SISWA YANG
DIHARAPKAN :
F
Disiplin , Tanggung Jawab, Rasa
Hormat, Teliti, Tekun
V. DAMPAK PENGIRING
Setelah pembelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan pada materi pengertian
organisasi, diharapkan semua siswa dapat menerapkan pada kehidupan
sehari-hari.
VI. MATERI PEMBELAJARAN
Pengertian organisasi
VII.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
||
Siswa
|
Waktu
|
Pendidikan Karakter Bangsa
|
||
1.
|
Kegiatan Awal (15 menit)
·
Siswa berdoa bersama,
mengucapkan salam, dan absensi.
·
Memberikan motivasi,
mengkondisikan siswa untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan
pembelajaran.
·
Mengajak siswa
bertanya jawab tentang kegiatan selama liburan.
·
Guru bertanya tentang kegiatan ekstrakurikuler yang pernah diikuti
oleh siswa.
|
K
K
K
K
|
4 menit
3 menit
4 menit
4 menit
|
Religius, disiplin, dan komunikatif.
|
2.
|
Kegiatan Inti (45 menit)
Þ
Eksplorasi
·
Semua siswa diminta
menyimak teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai
pengertian organisasi dan unsur-unsur organisasi.
·
Siswa diminta mencoba
membuat definisi organisasi.
·
Guru menjelaskan tentang terbentuknya sebuah organisasi.
Þ
Elaborasi
·
Bertanya jawab tentang organisasi formal dan organisasi informal.
·
Guru menjelaskan tentang unsur-unsur utama dalam sebuah organisasi.
·
Guru bertanya kepada siswa mengapa sebuah organisasi harus memiliki
tujuan dan program kerja yang jelas.
·
Bertanya jawab tentang susunan kepengurusan dalam sebuah organisasi.
·
Siswa dibagi beberapa kelompok dan berdiskusi bersama kelompoknya mengenai pentingnya stuktur kepengurusan organisasi.
·
Siswa melaporkan hasil
diskusi kelompoknya di depan kelas.
·
Siswa dari kelompok
lain memberikan tanggapan.
·
Guru memberikan beberapa pertanyaan tertulis dari materi yang telah
dibahas.
·
Siswa mengerjakan tugas secara individu.
Þ
Konfirmasi
·
Guru bertanya jawab
tentang materi yang belum diketahui siswa.
·
Pembahasan lembar
tugas.
·
Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan, dan
penyimpulan.
·
Memotivasi siswa untuk
meningkatkan prestasi belajarnya.
|
K
I
K
K
K
K
K
KIp
Klp
Klp
K
I
K
K
K
K
|
2 menit
3 menit
3 menit
3 menit
3 menit
2 menit
3 menit
5 menit
3 menit
4 menit
2 menit
3 menit
3 menit
2 menit
2 menit
2 menit
|
Mandiri, disiplin, gemar
membaca, tanggung jawab
Demokratis, disiplin, toleransi,
kreatif, mandiri, kerja keras, komunikatif, tanggung jawab.
Rasa ingin tahu, komunikatif, menghargai prestasi.
|
3.
|
Kegiatan Akhir (10 menit)
·
Siswa dan guru membuat
kesimpulan materi yang dipelajari.
·
Guru melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
·
Berdoa bersama sesuai
dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
|
K
K
K
|
5 menit
3 menit
2 menit
|
Kreatif dan religius.
|
VIII. METODE PEMBELAJARAN
·
Pendekatan Reading Aloud
·
Ceramah
·
Pendekatan Small Group Discussion
·
Pendekatan konstektual
·
Tanya jawab
·
Penugasan
IX.
SUMBER/BAHAN BELAJAR
· Buku PKn SD kelas 5
· Buku LKS Maestro kelas 5
· Buku BSE PKn SD kelas 5
· Narasumber (guru)
· Media elektronik (internet, televisi, radio)
· Lingkungan sosial (lingkungan sekolah dan masyarakat
X.
PENILAIAN


.............,
............... 20....
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mapel PKn
NIP. NIP.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/ Semester : V / 2
Alokasi Waktu : 2x35
menit (1 Pertemuan)
I.
STANDAR KOMPETENSI
3. Memahami
kebebasan berorganisasi.
II. KOMPETENSI DASAR
3.2 Mendeskripsikan pengertian organisasi.
III. INDIKATOR
1. Menjelaskan unsur-unsur dan ciri-ciri organisasi.
2. Menjelaskan pentingnya berorganisasi.
3. Mendeskripsikan pengertian organisasi.
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat menjelaskan unsur-unsur dan ciri-ciri
organisasi.
2. Siswa dapat menjelaskan pentingnya
berorganisasi.
3. Siswa dapat mendeskripsikan pengertian
organisasi.
&
KARAKTER SISWA YANG
DIHARAPKAN :
F
Disiplin , Tanggung Jawab, Rasa
Hormat, Teliti, Tekun
V. DAMPAK PENGIRING
Setelah pembelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan pada materi pengertian
organisasi, diharapkan semua siswa dapat menerapkan pada kehidupan
sehari-hari.
VI. MATERI PEMBELAJARAN
Pengertian organisasi
·
Organisasi
adalah suatu kelompok yang memiliki anggota dan mempunyai tujuan tertentu.
·
Di
Negara kita berorganisasi merupakan suatu kebebasan dan di jamin oleh UUD 1945
·
Setiap
anggota organisasi memiliki tugas yang berbeda –beda sesui dengan jabatannya di
organisasi tersebut
VII. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
||
Siswa
|
Waktu
|
Pendidikan Karakter Bangsa
|
||
1.
|
Kegiatan Awal (10 menit)
·
Siswa berdoa bersama,
mengucapkan salam, dan absensi.
·
Memberikan motivasi,
mengkondisikan siswa untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan
pembelajaran.
·
Bertanya jawab tentang
pelajaran terakhir yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
|
K
K
K
|
4 menit
3 menit
3 menit
|
Religius, disiplin, komunikatif, tanggung jawab
|
2.
|
Kegiatan Inti (50 menit)
Þ
Eksplorasi
·
Guru menjelaskan tentang ciri-ciri umum sebuah organisasi.
·
Siswa diminta menyebutkan jaminan kebebasan berorganisasi yang diatur
dalam UUD 1945.
·
Guru bertanya mengapa setiap anggota organisasi memiliki tugas yang
berbeda.
Þ
Elaborasi
·
Bertanya jawab mengenai hal-hal yang mendorong manusia untuk berorganisasi.
·
Guru menjelaskan pentingnya berorganisasi.
·
Bertanya jawab tentang manfaat yang diperoleh dari kegiatan
berorganisasi.
·
Siswa dibagi beberapa kelompok dan berdiskusi bersama kelompoknya mengenai pentingnya kebebasan dalam berorganisasi.
·
Siswa melaporkan hasil
diskusi kelompoknya di depan kelas.
·
Siswa dari kelompok
lain memberikan tanggapan.
·
Siswa mengerjakan
tugas individu.
Þ
Konfirmasi
·
Guru bertanya jawab
tentang materi yang belum diketahui siswa.
·
Pembahasan lembar
tugas.
·
Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan, dan
penyimpulan.
·
Memotivasi siswa untuk
meningkatkan prestasi belajarnya.
|
K
I
K
K
K
K
Klp
Klp
Klp
I
K
K
K
K
|
4 menit
4 menit
3 menit
3 menit
4 menit
3 menit
5 menit
4 menit
5 menit
4 menit
3 menit
4 menit
2 menit
2 menit
|
Mandiri,disiplin, komunikatif, tanggung jawab
Demokratis, toleransi, komunikatif, disiplin, kreatif,
mandiri, kerja keras, tanggung jawab.
Rasa ingin tahu, komunikatif, menghargai prestasi.
|
VIII. METODE PEMBELAJARAN
·
Pendekatan Reading Aloud
·
Ceramah
·
Pendekatan Small Group Discussion
·
Pendekatan konstektual
·
Tanya jawab
·
Penugasan
IX.
SUMBER/BAHAN BELAJAR
· Buku PKn SD kelas 5
· Buku LKS Maestro kelas 5
· Buku BSE PKn SD kelas 5
· Narasumber (guru)
· Media elektronik (internet, televisi, radio)
· Lingkungan sosial (lingkungan sekolah dan masyarakat)
X. PENILAIAN


.............,
............... 20....
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mapel PKn
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : V / 2
Alokasi Waktu : 2x35 menit (1
Pertemuan)
I.
STANDAR KOMPETENSI
5.
Mendengarkan
Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang
disampaikan secara lisan.
II.
KOMPETENSI DASAR
5.1 Menanggapi cerita tentang peristiwa
yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan.
III.
INDIKATOR
1. Mendengarkan cerita tentang peristiwa.
2. Mencatat
pokok-pokok peristiwa.
3. Menanggapi cerita tentang peristiwa
yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan.
IV.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat mendengarkan cerita
tentang peristiwa.
2. Siswa dapat mencatat pokok-pokok
peristiwa.
3. Siswa dapat menanggapi cerita
tentang peristiwa yang terjadi di
sekitar yang disampaikan secara lisan.
&
KARAKTER SISWA YANG
DIHARAPKAN :
F
Disiplin , Tanggung Jawab, Rasa
Hormat, Teliti, Tekun
V.
DAMPAK PENGIRING
Setelah pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi
mendengarkan dan menanggapi cerita tentang peristiwa diharapkan semua siswa
dapat menanggapi cerita tentang
peristiwa yang terjadi di sekitar yang
disampaikan secara lisan.
VI.
MATERI PEMBELAJARAN
·
Tanggapan cerita tentang peristiwa
VII.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
·
Pertemuan Pertama
No.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
||
Siswa
|
Waktu
|
Pendidikan Budaya Karakter Bangsa
|
||
1.
|
Kegiatan Awal (10 menit)
·
Siswa berdoa bersama,
mengucapkan salam, dan absensi.
·
Memberikan motivasi, mengkondisikan
siswa untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
·
Tanya jawab tentang
materi pelajaran yang akan dipelajari.
·
Mengajukan pertanyaan
tentang peristiwa yang terjadi di sekitar.
|
K
K
K
K
|
3 menit
2 menit
2 menit
3 menit
|
Religius, disiplin, kreatif, komunikatif, mandiri, dan
rasa ingin tahu.
|
2.
|
Kegiatan Inti (50 menit)
Þ
Eksplorasi
·
Semua
siswa mendengarkan penjelasan tentang cara memberi tanggapan yang baik.
·
Guru
memberikan contoh menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan
secara lisan.
·
Siswa
mengamati dan merespons penjelasan guru.
Þ
Elaborasi
·
Siswa
mendengarkan cerita tentang peristiwa yang berjudul
”Ekspor Rumput Laut Bakal Dibatasi”.
·
Siswa mencatat pokok-pokok
peristiwa ”Ekspor Rumput Laut Bakal Dibatasi”.
·
Siswa menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan
secara lisan.
·
Siswa secara individu mengerjakan tugas (Ayo, Mendengarkan! hal. 5.)
Þ
Konfirmasi
·
Guru bertanya jawab
tentang materi yang belum diketahui siswa.
·
Pembahasan lembar
tugas.
·
Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan, dan
penyimpulan.
·
Memotivasi siswa untuk
meningkatkan prestasi belajarnya.
|
K
K
K
K
I
I
I
K
K
K
K
|
5 menit
3 menit
2 menit
5 menit
6 menit
5 menit
7 menit
5 menit
5 menit
4 menit
3 menit
|
Jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa
ingin tahu, dan komunikatif.
Jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu,
komunikatif, gemar membaca, dan tanggung jawab.
Kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu,
komunikatif, dan tanggung jawab.
|
3.
|
Kegiatan Akhir (10 menit)
·
Siswa dan guru membuat
kesimpulan materi yang dipelajari.
·
Guru melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
·
Berdoa bersama sesuai
dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
|
K
K
K
|
4 menit
4 menit
2 menit
|
Jujur, kerja keras, kreatif, mandiri, komunikatif, rasa
ingin tahu, tanggung jawab, dan religius.
|
VIII.
METODE PEMBELAJARAN
·
Ceramah
·
Debat
Aktif
·
Listening
team (tim pendengar)
·
Small
group discusion (diskusi kelompok kecil)
IX.
SUMBER/BAHAN BELAJAR
·
Buku
Bahasa Indonesia SD kelas V
·
Elektronik
(televisi, radio, dan internet)
·
Narasumber
(guru)
·
Lingkungan
sosial
X.
PENILAIAN


Mengetahui,
Kepala
Sekolah
__________________
NIP.
|
|
..........., ........................
Guru Kelas/ Mapel
__________________
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : V / 2
Alokasi Waktu : 2x35 menit (1
Pertemuan)
I.
STANDAR KOMPETENSI
6.
Mendengarkan
Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang
disampaikan secara lisan.
II. KOMPETENSI DASAR
6.2 Menanggapi cerita tentang peristiwa
yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan.
III.
INDIKATOR
1. Mendengarkan cerita tentang peristiwa.
2. Mencatat
pokok-pokok peristiwa.
3. Menanggapi cerita tentang peristiwa
yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan.
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat mendengarkan cerita
tentang peristiwa.
2. Siswa dapat mencatat pokok-pokok
peristiwa.
3. Siswa dapat menanggapi cerita
tentang peristiwa yang terjadi di
sekitar yang disampaikan secara lisan.
&
KARAKTER SISWA YANG
DIHARAPKAN :
F
Disiplin , Tanggung Jawab, Rasa
Hormat, Teliti, Tekun
V. DAMPAK PENGIRING
Setelah pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi
mendengarkan dan menanggapi cerita tentang peristiwa diharapkan semua siswa
dapat menanggapi cerita tentang
peristiwa yang terjadi di sekitar yang
disampaikan secara lisan.
VI. MATERI PEMBELAJARAN
·
Tanggapan cerita tentang peristiwa
VII. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
||
Siswa
|
Waktu
|
Pendidikan Budaya Karakter Bangsa
|
||
1.
|
Kegiatan Awal (10 menit)
·
Siswa berdoa bersama,
mengucapkan salam, dan absensi.
·
Memberikan motivasi, mengkondisikan
siswa untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
·
Bertanya jawab tentang
pelajaran terakhir yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
|
K
K
K
|
3 menit
2 menit
5 menit
|
Religius, disiplin, kreatif, komunikatif, mandiri, dan
rasa ingin tahu.
|
2.
|
Kegiatan Inti (50 menit)
Þ
Eksplorasi
·
Semua
siswa mendengarkan penjelasan tentang cara memberi tanggapan yang baik.
·
Guru
memberikan contoh menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan
secara lisan.
·
Siswa
mengamati dan merespons penjelasan guru.
Þ
Elaborasi
·
Siswa
mendengarkan cerita tentang peristiwa.
·
Siswa mencatat pokok-pokok
peristiwa.
·
Siswa menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan
secara lisan.
·
Siswa secara individu mengerjakan tugas (Uji Potensi Siswa aspek
mendengarkan
hal. 10.)
Þ
Konfirmasi
·
Guru bertanya jawab
tentang materi yang belum diketahui siswa.
·
Pembahasan lembar
tugas.
·
Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan, dan
penyimpulan.
·
Memotivasi siswa untuk
meningkatkan prestasi belajarnya.
|
K
K
K
K
I
I
I
K
K
K
K
|
5 menit
3 menit
2 menit
7 menit
5 menit
7 menit
8 menit
4 menit
4 menit
3 menit
2 menit
|
Jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa
ingin tahu, dan komunikatif.
Jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu,
komunikatif, gemar membaca, dan tanggung jawab.
Kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu,
komunikatif, dan tanggung jawab.
|
3.
|
Kegiatan Akhir (10 menit)
·
Siswa dan guru membuat
kesimpulan materi yang dipelajari.
·
Guru melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
·
Berdoa bersama sesuai
dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
|
K
K
K
|
4 menit
4 menit
2 menit
|
Jujur, kerja keras, kreatif, mandiri, komunikatif, rasa
ingin tahu, tanggung jawab, dan religius.
|
VIII.
METODE PEMBELAJARAN
·
Ceramah
·
Debat
Aktif
·
Listening
team (tim pendengar)
·
Small
group discusion (diskusi kelompok kecil)
IX. SUMBER/BAHAN BELAJAR
·
Buku
Bahasa Indonesia SD kelas V
·
Elektronik
(televisi, radio, dan internet)
·
Narasumber
(guru)
·
Lingkungan
sosial
X. PENILAIAN


Mengetahui,
Kepala
Sekolah
__________________
NIP.
|
|
..........., ........................
Guru Kelas/ Mapel
__________________
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : V / 2
Alokasi Waktu : 2x35 menit (1
Pertemuan)
I.
STANDAR KOMPETENSI
5. Mendengarkan
Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang
disampaikan secara lisan.
II.
KOMPETENSI DASAR
5.2 Menanggapi cerita tentang peristiwa
yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan.
III.
INDIKATOR
a.
Mendengarkan cerita tentang
peristiwa.
b.
Mencatat pokok-pokok
peristiwa.
c. Menanggapi cerita tentang peristiwa
yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan.
IV.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Siswa
dapat mendengarkan cerita tentang peristiwa.
2.
Siswa
dapat mencatat pokok-pokok peristiwa.
3.
Siswa
dapat menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang
disampaikan secara lisan.
&
KARAKTER SISWA YANG
DIHARAPKAN :
F
Disiplin , Tanggung Jawab, Rasa Hormat,
Teliti, Tekun
V.
DAMPAK PENGIRING
Setelah pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi
mendengarkan dan menanggapi cerita tentang peristiwa diharapkan semua siswa
dapat menanggapi cerita tentang
peristiwa yang terjadi di sekitar yang
disampaikan secara lisan.
VI.
MATERI PEMBELAJARAN
·
Tanggapan cerita tentang peristiwa
VII.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
||
Siswa
|
Waktu
|
Pendidikan Budaya Karakter Bangsa
|
||
1.
|
Kegiatan Awal (10 menit)
·
Siswa berdoa bersama,
mengucapkan salam, dan absensi.
·
Memberikan motivasi, mengkondisikan
siswa untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
·
Bertanya jawab tentang
pelajaran terakhir yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
|
K
K
K
|
3 menit
2 menit
5 menit
|
Religius, disiplin, kreatif, komunikatif, mandiri, dan
rasa ingin tahu.
|
2.
|
Kegiatan Inti (50 menit)
Þ
Eksplorasi
·
Semua
siswa mendengarkan penjelasan tentang cara memberi tanggapan yang baik.
·
Guru
memberikan contoh menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan
secara lisan.
·
Siswa
mengamati dan merespons penjelasan guru.
Þ
Elaborasi
·
Siswa
mendengarkan cerita tentang peristiwa yang berjudul
”Bermain Gamelan”.
·
Siswa mencatat pokok-pokok
peristiwa ”Bermain Gamelan”.
·
Siswa menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan
secara lisan.
·
Siswa secara individu mengerjakan tugas (Ayo, Mendengarkan! hal. 25).
Þ
Konfirmasi
·
Guru bertanya jawab
tentang materi yang belum diketahui siswa.
·
Pembahasan lembar
tugas.
·
Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan, dan
penyimpulan.
·
Memotivasi siswa untuk
meningkatkan prestasi belajarnya.
|
K
K
K
K
I
I
I
K
K
K
K
|
5 menit
3 menit
2 menit
5 menit
7 menit
7 menit
8 menit
4 menit
4 menit
3 menit
2 menit
|
Jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa
ingin tahu, dan komunikatif.
Jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu,
komunikatif, gemar membaca, dan tanggung jawab.
Kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu,
komunikatif, dan tanggung jawab.
|
3.
|
Kegiatan Akhir (10 menit)
·
Siswa dan guru membuat
kesimpulan materi yang dipelajari.
·
Tindak lanjut
(pemberian tugas rumah).
·
Guru melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
·
Berdoa bersama sesuai
dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
|
K
I
K
K
|
4 menit
2 menit
2 menit
2 menit
|
Jujur, kerja keras, kreatif, mandiri, komunikatif, rasa
ingin tahu, tanggung jawab, dan religius.
|
VIII.
METODE PEMBELAJARAN
·
Ceramah
·
Debat
Aktif
·
Listening
team (tim pendengar)
·
Small
group discusion (diskusi kelompok kecil)
IX.
SUMBER/BAHAN BELAJAR
·
Buku
Bahasa Indonesia SD kelas V
·
Elektronik
(televisi, radio, dan internet)
·
Narasumber
(guru)
·
Lingkungan
sosial
X.
PENILAIAN


Mengetahui,
Kepala
Sekolah
__________________
NIP.
|
|
..........., ........................
Guru Kelas/ Mapel
__________________
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata pelajaran :
Matematika
Kelas/ Semester :
V/ II
Alokasi Waktu :
2x35 menit (1 Pertemuan)
A.
STANDAR KOMPETENSI
5. Menggunakan
pecahan dalam pemecahan masalah.
B.
KOMPETENSI DASAR
5.2 Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan.
C.
INDIKATOR
i. Mempelajari penjumlahan pecahan biasa dengan pecahan biasa.
ii. Menghitung penjumlahan pecahan campuran.
iii. Menghitung penjumlahan tiga pecahan berturut-turut.
iv. Melakukan penjumlahan pecahan desimal dengan pecahan desimal.
v. Melakukan penjumlahan berbagai bentuk pecahan.
vi. Melakukan pengurangan pecahan biasa dengan pecahan biasa.
vii. Melakukan pengurangan pecahan campuran.
viii. Melakukan pengurangan pecahan desimal dengan pecahan desimal.
ix. Melakukan pengurangan pecahan yang berbeda jenis.
x. Melakukan operasi hitung campuran berbagai bentuk pecahan.
xi. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan
pecahan.
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat mempelajari penjumlahan pecahan biasa dengan pecahan biasa.
2. Siswa dapat menghitung penjumlahan pecahan campuran.
3. Siswa dapat menghitung penjumlahan tiga pecahan berturut-turut.
4. Siswa dapat melakukan penjumlahan pecahan desimal dengan pecahan desimal.
5. Siswa dapat melakukan penjumlahan berbagai bentuk pecahan.
6. Siswa dapat melakukan pengurangan pecahan biasa dengan pecahan biasa.
7. Siswa dapat melakukan pengurangan pecahan campuran.
8. Siswa dapat melakukan pengurangan pecahan desimal dengan pecahan desimal.
9. Siswa dapat melakukan pengurangan pecahan yang berbeda jenis.
10. Siswa dapat melakukan operasi hitung campuran berbagai bentuk pecahan.
11. Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan
pengurangan pecahan.
&
KARAKTER SISWA YANG
DIHARAPKAN :
F
Disiplin , Tanggung Jawab, Rasa
Hormat, Teliti, Tekun
E.
DAMPAK PENGIRING
Setelah pembelajaran Matematika pada materi penjumlahan
dan pengurangan berbagai bentuk pecahan, diharapkan semua siswa dapat menjumlahkan
dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan serta menerapkannya dalam kehidupan
sehari-hari.
F.
MATERI PEMBELAJARAN
Penjumlahan dan pengurangan berbagai bentuk pecahan.
·
Membedakan antara pembilang dan
penyebut pecahan
·
Penjumlahan pecahan biasa dengan
pecahan biasa
·
Pengurangan pecahan biasa dengan
pecahan biasa
·
Penjumlahan tiga pecahan biasa
berturut- turut
G.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
||
Siswa
|
Waktu
|
Pendidikan Budaya Karakter
Bangsa
|
||
1.
|
Kegiatan Awal (10 menit)
·
Guru mengucapkan salam
kemudian berdoa bersama dan mengabsen siswa.
·
Memberikan motivasi,
mengkondisikan siswa untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan
pembelajaran.
·
Membahas tugas
pekerjaan rumah.
·
Bertanya jawab tentang
pelajaran terakhir yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
|
K
K
K
K
|
2 menit
2 menit
4 menit
2 menit
|
Religius, disiplin, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu
dan komunikatif
|
2.
|
Kegiatan Inti (50
menit)
Þ
Eksplorasi
·
Guru menjelaskan langkah-langkah
untuk menjumlahkan pecahan biasa dengan pecahan biasa.
·
Guru menjelaskan cara
melakukan penjumlahan pecahan campuran.
·
Guru memberikan contoh
soal beserta cara penyelesaiannya.
Þ
Elaborasi
·
Siswa diminta
mengerjakan soal tentang penjumlahan pecahan biasa dengan pecahan biasa.
·
Guru meminta beberapa
siswa untuk maju ke depan kelas mengerjakan soal tentang penjumlahan pecahan
campuran.
·
Siswa secara individu
mengerjakan tugas “Ayo Berlatih“.
Þ
Konfirmasi
·
Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami.
·
Pembahasan lembar
tugas.
·
Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan, dan
menyimpulkan materi pelajaran.
·
Memotivasi siswa untuk
meningkatkan prestasi belajarnya.
|
K
K
K
I
I
I
K
K
K
K
|
5 menit
5 menit
5 menit
6 menit
5 menit
10 menit
4 menit
4 menit
4 menit
2 menit
|
Jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa
ingin tahu, dan komunikatif
Jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa
ingin tahu, komunikatif, dan tanggung jawab
Kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu,
komunikatif, dan tanggung jawab
|
3.
|
Kegiatan Akhir (10
menit)
·
Guru bersama-sama
siswa membuat catatan/rangkuman.
·
Tindak lanjut
(pemberian tugas ”Latihan di Rumah“).
·
Guru melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
·
Guru menutup
pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing.
|
K
I
K
K
|
4 menit
2 menit
2 menit
2 menit
|
Jujur, kerja keras, kreatif, mandiri, komunikatif, rasa
ingin tahu, tanggung jawab dan religius
|
H.
METODE PEMBELAJARAN
· Reading Aloud (Strategi membaca dengan keras)
· Small Group Discussion (Diskusi kelompok kecil)
I.
SUMBER/BAHAN BELAJAR
· Buku Matematika SD kelas V
· Narasumber (guru)
· Media cetak (majalah, surat kabar)
· Media elektronik (internet, televisi, dan radio)
· Perpustakaan
J.
PENILAIAN


.............,
............... 20....
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mapel Matematika
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata pelajaran :
Matematika
Kelas/ Semester :
V/ II
Alokasi Waktu :
2x35 menit (1 Pertemuan)
I. STANDAR KOMPETENSI
5. Menggunakan
pecahan dalam pemecahan masalah.
II. KOMPETENSI DASAR
5.3 Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan.
III. INDIKATOR
1. Mempelajari penjumlahan pecahan biasa dengan pecahan biasa.
2. Menghitung penjumlahan pecahan campuran.
3. Menghitung penjumlahan tiga pecahan berturut-turut.
4. Melakukan penjumlahan pecahan desimal dengan pecahan desimal.
5. Melakukan penjumlahan berbagai bentuk pecahan.
6. Melakukan pengurangan pecahan biasa dengan pecahan biasa.
7. Melakukan pengurangan pecahan campuran.
8. Melakukan pengurangan pecahan desimal dengan pecahan desimal.
9. Melakukan pengurangan pecahan yang berbeda jenis.
10. Melakukan operasi hitung campuran berbagai bentuk pecahan.
11. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan
pecahan.
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat mempelajari penjumlahan pecahan biasa dengan pecahan biasa.
2. Siswa dapat menghitung penjumlahan pecahan campuran.
3. Siswa dapat menghitung penjumlahan tiga pecahan berturut-turut.
4. Siswa dapat melakukan penjumlahan pecahan desimal dengan pecahan desimal.
5. Siswa dapat melakukan penjumlahan berbagai bentuk pecahan.
6. Siswa dapat melakukan pengurangan pecahan biasa dengan pecahan biasa.
7. Siswa dapat melakukan pengurangan pecahan campuran.
8. Siswa dapat melakukan pengurangan pecahan desimal dengan pecahan desimal.
9. Siswa dapat melakukan pengurangan pecahan yang berbeda jenis.
10. Siswa dapat melakukan operasi hitung campuran berbagai bentuk pecahan.
11. Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan
pengurangan pecahan.
&
KARAKTER SISWA YANG
DIHARAPKAN :
F
Disiplin , Tanggung Jawab, Rasa Hormat,
Teliti, Tekun
V. DAMPAK PENGIRING
Setelah pembelajaran Matematika pada materi penjumlahan
dan pengurangan berbagai bentuk pecahan, diharapkan semua siswa dapat menjumlahkan
dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan serta menerapkannya dalam kehidupan
sehari-hari.
VI. MATERI PEMBELAJARAN
Penjumlahan dan pengurangan berbagai bentuk pecahan.
·
Mengubah bentuk persen menjadi
pecahan desimal
·
Mengubah bentuk persen menjadi
pecahan biasa
VII. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
||
Siswa
|
Waktu
|
Pendidikan Budaya Karakter
Bangsa
|
||
1.
|
Kegiatan Awal (10 menit)
·
Guru mengucapkan salam
kemudian berdoa bersama dan mengabsen siswa.
·
Memberikan motivasi,
mengkondisikan siswa untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan
pembelajaran.
·
Membahas tugas
pekerjaan rumah.
·
Bertanya jawab tentang
pelajaran terakhir yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
|
K
K
K
K
|
2 menit
2 menit
4 menit
2 menit
|
Religius, disiplin, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu
dan komunikatif.
|
2.
|
Kegiatan Inti (50
menit)
Þ
Eksplorasi
·
Guru menjelaskan
tentang langkah-langkah mengubah bentuk persen menjadi pecahan biasa.
·
Guru menjelaskan
tentang langkah-langkah mengubah bentuk persen menjadi pecahan desimal.
·
Guru memberikan contoh
soal beserta cara penyelesaiannya.
Þ
Elaborasi
·
Siswa maju ke depan
kelas untuk mengerjakan soal tentang mengubah persen menjadi pecahan biasa.
·
Siswa berdiskusi
dengan teman sebangku untuk mengubah persen menjadi pecahan desimal.
·
Guru meminta
perwakilan beberapa siswa untuk maju ke depan kelas untuk menuliskan
jawabannya.
·
Siswa secara individu
mengerjakan tugas ”Ayo Berlatih“.
Þ
Konfirmasi
·
Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami.
·
Pembahasan lembar
tugas.
·
Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan, dan
menyimpulkan materi pelajaran.
·
Memotivasi siswa untuk
meningkatkan prestasi belajarnya.
|
K
K
K
I
KIp
I
I
K
K
K
K
|
3 menit
3 menit
3 menit
3 menit
10 menit
4 menit
10 menit
4 menit
4 menit
4 menit
2 menit
|
Jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa
ingin tahu, dan komunikatif.
Jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa
ingin tahu, komunikatif, dan tanggung jawab.
Kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, komunikatif, dan tanggung
jawab.
|
3.
|
Kegiatan Akhir (10
menit)
·
Guru bersama-sama
siswa membuat catatan/rangkuman.
·
Tindak lanjut
(pemberian tugas dari guru).
·
Guru melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
·
Guru menutup
pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing.
|
K
I
K
K
|
4 menit
2 menit
2 menit
2 menit
|
Jujur, kerja keras, kreatif, mandiri, komunikatif, rasa
ingin tahu, tanggung jawab dan religius
|
VIII. METODE PEMBELAJARAN
· Reading Aloud (Strategi membaca dengan keras)
· Small Group Discussion (Diskusi kelompok kecil)
IX. SUMBER/BAHAN BELAJAR
· Buku Matematika SD kelas V
· Narasumber (guru)
· Media cetak (majalah, surat kabar)
· Media elektronik (internet, televisi, dan radio)
· Perpustakaan
X. PENILAIAN


.............,
............... 20....
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mapel Matematika
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas/ Semester : V/ II
Alokasi Waktu : 2x35 menit (1
Pertemuan)
I.
Stdanar Kompetensi
6. Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui
kegiatan membuat suatu karya atau model.
II.
Kompetensi Dasar
6.1
Mendeskripsikan
sifat-sifat cahaya.
III.
Indikator
1. Menunjukkan sifat cahaya yang dapat
merambat lurus.
2. Menunjukkan
sifat cahaya yang dapat menembus benda bening.
3. Menunjukkan
sifat cahaya yang dapat dipantulkan.
4. Menunjukkan
sifat cahaya yang dapat dibiaskan.
5. Menjelaskan warna pada cahaya putih.
6. Menjelaskan benda yang dapat dilihat karena
benda memantulkan cahaya.
7. Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya.
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat menunjukkan sifat cahaya yang
dapat merambat lurus.
2. Siswa dapat menunjukkan sifat cahaya yang dapat menembus
benda bening.
3. Siswa dapat menunjukkan sifat cahaya yang dapat
dipantulkan.
4. Siswa dapat menunjukkan sifat cahaya yang dapat dibiaskan.
5. Siswa dapat menjelaskan warna pada cahaya
putih.
6. Siswa dapat menjelaskan benda yang dapat
dilihat karena benda memantulkan cahaya.
7. Siswa dapat mendeskripsikan sifat-sifat
cahaya.
&
KARAKTER SISWA YANG
DIHARAPKAN :
F
Disiplin , Tanggung Jawab, Rasa
Hormat, Teliti, Tekun
V.
DAMPAK PENGIRING
Setelah
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi sifat-sifat cahaya diharapkan
siswa dapat mendeskripsikan sifat-sifat cahaya.
VI.
MATERI PEMBELAJARAN
Sifat-sifat
cahaya.
·
Cahaya
berasal dari sumber cahaya, dan sumber cahaya terbesar adalah matahari
·
Benda-Benda
yang termasuk sumber cahaya adalah matahari, lampu dll
·
Cahaya
mempunyai sifat bahwa cahaya merambat lurus dandapat dibuktikan dengan melihat
sinar matahari yang asuk melaui celah pada genting rumah terlihat lurus seperti
garis.
VII.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
||
Siswa
|
Waktu
|
Pendidikan Budaya Karakter Bangsa
|
||
1.
|
Kegiatan Awal (10
menit)
·
Siswa berdoa bersama,
mengucap salam, dan absensi.
·
Memberikan motivasi,
mengkondisikan siswa untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan
pembelajaran.
|
K
K
|
5 menit
5 menit
|
Religius, komunikatif, disiplin, dan tanggung jawab.
|
2.
|
Kegiatan Inti (50
menit)
Þ
Eksplorasi
· Guru menjelaskan cahaya yang berasal dari sumber cahaya.
· Guru menjelaskan benda-benda yang termasuk sumber cahaya.
· Guru menjelaskan sifat cahaya yang dapat merambat lurus.
· Guru menjelaskan bukti bahwa cahaya dapat merambat lurus, misalnya sinar
matahari yang masuk melalui celah-celah genting rumah tampak seperti
garis-garis lurus yang putih.
Þ
Elaborasi
· Siswa disuruh maju ke depan kelas untuk menjelaskan bukti-bukti yang lain
bahwa cahaya dapat merambat lurus.
· Siswa secara individu mengerjakan tugas dari guru.
· Siswa diberi kesempatan untuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
Þ
Konfirmasi
· Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
· Pembahasan lembar tugas.
· Guru memotivasi siswa untuk
meningkatkan prestasi belajarnya.
|
K
K
K
K
I
I
K
K
K
K
|
5 menit
5 menit
5 menit
5 menit
5 menit
5 menit
5 menit
5 menit
5 menit
5 menit
|
Jujur, disiplin, kreatif, mdaniri, demokratis, rasa
ingin tau, komunikatif, dan tanggung jawab.
Jujur, kreatif, mdaniri, rasa ingin tau, menghargai
prestasi, dan tanggung jawab.
Kreatif, mdaniri, jujur, rasa ingin tahu, dan tanggung
jawab.
|
3.
|
Kegiatan Akhir (10
menit)
·
Guru memberikan
kesimpulan materi di atas, penilaian tugas, pemberian tugas di rumah.
·
Guru menutup dengan
doa bersama.
|
K
K
|
5 menit
5 menit
|
Jujur, toleransi, rasa ingin tahu, menghargai, prestasi, dan tanggung
jawab
|
VIII.
METODE PEMBELAJARAN
·
Ceramah
·
Small Discusion
·
Information Search (Mencari informasi)
IX.
SUMBER/BAHAN BELAJAR
·
Buku
paket IPA kelas 5 SD
·
Narasumber
(guru)
·
Media
cetak (majalah, surat kabar)
·
Media
elektronik (internet, televisi, dan radio)
·
Perpustakaan
X.
PENILAIAN

.............,
............... 20....
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas/Mapel,
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas/ Semester : V/ II
Alokasi Waktu : 2x35 menit (1
Pertemuan)
I.
Stdanar Kompetensi
6. Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui
kegiatan membuat suatu karya atau model.
II.
Kompetensi Dasar
6.2
Mendeskripsikan
sifat-sifat cahaya.
III.
Indikator
1. Menunjukkan sifat cahaya yang dapat
merambat lurus.
2. Menunjukkan
sifat cahaya yang dapat menembus benda bening.
3. Menunjukkan
sifat cahaya yang dapat dipantulkan.
4. Menunjukkan
sifat cahaya yang dapat dibiaskan.
5. Menjelaskan warna pada cahaya putih.
6. Menjelaskan benda yang dapat dilihat karena
benda memantulkan cahaya.
7. Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya.
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat menunjukkan sifat cahaya yang
dapat merambat lurus.
2. Siswa dapat menunjukkan sifat cahaya yang dapat menembus
benda bening.
3. Siswa dapat menunjukkan sifat cahaya yang dapat
dipantulkan.
4. Siswa dapat menunjukkan sifat cahaya yang dapat dibiaskan.
5. Siswa dapat menjelaskan warna pada cahaya
putih.
6. Siswa dapat menjelaskan benda yang dapat
dilihat karena benda memantulkan cahaya.
7. Siswa dapat mendeskripsikan sifat-sifat
cahaya.
&
KARAKTER SISWA YANG
DIHARAPKAN :
F
Disiplin , Tanggung Jawab, Rasa
Hormat, Teliti, Tekun
V.
DAMPAK PENGIRING
Setelah
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi sifat-sifat cahaya diharapkan
siswa dapat mendeskripsikan sifat-sifat cahaya.
VI.
MATERI PEMBELAJARAN
Sifat-sifat
cahaya.
VII.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
||
Siswa
|
Waktu
|
Pendidikan Budaya Karakter Bangsa
|
||
1.
|
Kegiatan Awal (10
menit)
·
Siswa berdoa bersama,
mengucap salam, dan absensi.
·
Memberikan motivasi,
mengkondisikan siswa untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan
pembelajaran.
·
Guru mengulang
pelajaran sebelumnya.
|
K
K
K
|
2 menit
3 menit
5 menit
|
Religius, komunikatif, disiplin, dan tanggung jawab.
|
2.
|
Kegiatan Inti (50 menit)
Þ
Eksplorasi
· Guru menyiapkan alat dan bahan yang digunakan untuk membuat
periskop sederhana.
· Guru menjelaskan kembali langkah-langkah kerja dan
membuat lup sederhana.
Þ
Elaborasi
· Siswa secara kelompok mengerjakan kegiatan membuat periskop sederhana.
· Siswa diberi kesempatan untuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan
masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
Þ
Konfirmasi
· Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
· Pembahasan lembar tugas.
· Guru memotivasi siswa untuk
meningkatkan prestasi belajarnya.
|
K
K
Klp
I
K
K
K
|
5 menit
5 menit
15 menit
5 menit
5 menit
5 menit
5 menit
|
Jujur, disiplin, kreatif, mdaniri, demokratis, rasa
ingin tau, komunikatif, dan tanggung jawab.
Jujur, kreatif, mdaniri, rasa ingin tau, menghargai
prestasi, dan tanggung jawab.
Kreatif, mdaniri, jujur, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab.
|
3.
|
Kegiatan Akhir (10
menit)
·
Guru memberikan
kesimpulan materi di atas, penilaian tugas, pemberian tugas di rumah.
·
Guru menutup dengan
doa bersama.
|
K
K
|
5 menit
5 menit
|
Jujur, toleransi, rasa ingin tahu, menghargai,
prestasi, dan tanggung jawab
|
VIII.
METODE PEMBELAJARAN
·
Ceramah
·
Small Discusion
·
Information Search (Mencari informasi)
·
Role Play (Bermain peran)
IX.
SUMBER/BAHAN BELAJAR
·
Buku
paket IPA kelas 5 SD
·
Narasumber
(guru)
·
Media
cetak (majalah, surat kabar)
·
Media
elektronik (internet, televisi, dan radio)
·
Perpustakaan
X.
PENILAIAN

.............,
............... 20....
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas/Mapel,
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas/ Semester : V/ II
Alokasi Waktu : 2x35 menit (1
Pertemuan)
I.
Standar Kompetensi
6. Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui
kegiatan membuat suatu karya atau model.
II.
Kompetensi Dasar
6.3
Mendeskripsikan
sifat-sifat cahaya.
III.
Indikator
1. Menunjukkan sifat cahaya yang dapat
merambat lurus.
2. Menunjukkan
sifat cahaya yang dapat menembus benda bening.
3. Menunjukkan
sifat cahaya yang dapat dipantulkan.
4. Menunjukkan
sifat cahaya yang dapat dibiaskan.
5. Menjelaskan warna pada cahaya putih.
6. Menjelaskan benda yang dapat dilihat karena
benda memantulkan cahaya.
7. Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya.
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat menunjukkan sifat cahaya yang
dapat merambat lurus.
2. Siswa dapat menunjukkan sifat cahaya yang dapat menembus
benda bening.
3. Siswa dapat menunjukkan sifat cahaya yang dapat
dipantulkan.
4. Siswa dapat menunjukkan sifat cahaya yang dapat dibiaskan.
5. Siswa dapat menjelaskan warna pada cahaya
putih.
6. Siswa dapat menjelaskan benda yang dapat
dilihat karena benda memantulkan cahaya.
7. Siswa dapat mendeskripsikan sifat-sifat
cahaya.
&
KARAKTER SISWA YANG
DIHARAPKAN :
F
Disiplin , Tanggung Jawab, Rasa
Hormat, Teliti, Tekun
V.
DAMPAK PENGIRING
Setelah
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi sifat-sifat cahaya diharapkan
siswa dapat mendeskripsikan sifat-sifat cahaya.
VI.
MATERI PEMBELAJARAN
Sifat-sifat
cahaya.
·
Lup
atau kaca pembesar merupakan alat sederhana yang memanfaatkan adanya cahaya
·
Lup
berguna untuk melihat benda- benda kecil yang tak terlihat dengan mata biasa
·
Lup
dapat dibuat dengan bola lampu listrik yang diisi dengan air
·
Caranya
dengan mebuang lebih dahulu isi bola lampu dan setelah bersih diisi dengan air.
VII.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
||
Siswa
|
Waktu
|
Pendidikan Budaya Karakter Bangsa
|
||
1.
|
Kegiatan Awal (10
menit)
·
Siswa berdoa bersama,
mengucap salam, dan absensi.
·
Memberikan motivasi,
mengkondisikan siswa untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan
pembelajaran.
·
Guru mengulang
pelajaran sebelumnya.
|
K
K
K
|
2 menit
3 menit
5 menit
|
Religius, komunikatif, disiplin, dan tanggung jawab.
|
2.
|
Kegiatan Inti (50
menit)
Þ
Eksplorasi
· Guru menjelaskan tentang lup atau kaca
pembesar.
· Guru menjelaskan kegunaan lup atau kaca pembesar.
· Guru menjelaskan tujuan membuat lup sederhana.
· Guru menjelaskan alat dan bahan untuk membuat lup sederhana.
· Guru menjelaskan langkah kerja membuat lup sederhana dan cara menguji
hasilnya.
Þ
Elaborasi
· Siswa mengerjakan soal uraian olimpiade.
· Siswa diberi kesempatan untuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan
masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
Þ
Konfirmasi
· Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
· Pembahasan lembar tugas.
· Guru memotivasi siswa untuk
meningkatkan prestasi belajarnya.
|
K
K
K
K
K
I
I
K
K
K
|
4 menit
4 menit
4 menit
4 menit
4 menit
10 menit
5 menit
5 menit
5 menit
5 menit
|
Jujur, disiplin, kreatif, mdaniri, demokratis, rasa ingin
tau, komunikatif, dan tanggung jawab.
Jujur, kreatif, mdaniri, rasa ingin tau, menghargai
prestasi, dan tanggung jawab.
Kreatif, mdaniri, jujur, rasa ingin tahu, dan tanggung
jawab.
|
3.
|
Kegiatan Akhir (10
menit)
·
Guru memberikan
kesimpulan materi di atas, penilaian tugas, pemberian tugas di rumah.
·
Guru menutup dengan
doa bersama.
|
K
K
|
5 menit
5 menit
|
Jujur, toleransi, rasa ingin tahu, menghargai, prestasi, dan tanggung
jawab
|
XI.
METODE PEMBELAJARAN
·
Ceramah
·
Small Discusion
·
Information Search (Mencari informasi)
·
Role Play (Bermain peran)
XII.
SUMBER/BAHAN BELAJAR
·
Buku
paket IPA kelas 5 SD
·
Narasumber
(guru)
·
Media
cetak (majalah, surat kabar)
·
Media
elektronik (internet, televisi, dan radio)
·
Perpustakaan
XIII.
PENILAIAN

.............,
............... 20....
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas/Mapel,
NIP. NIP.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/ Semester : V / 2
Alokasi Waktu : 2x35
menit (1 Pertemuan)
I. STANDAR KOMPETENSI
II. Menghargai
peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan
kemerdekaan Indonesia.
II. KOMPETENSI DASAR
2.1
Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang
pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.
III. INDIKATOR
1. Menjelaskan
penyebab jatuhnya daerah-daerah di Nusantara ke dalam kekuasaan pemerintahan
Belanda.
2. Menjelaskan
sistem kerja paksa dan tanam paksa yang pernah terjadi di Indonesia.
3. Menceritakan
perjuangan para tokoh daerah yang melakukan perlawanan terhadap penjajah
Belanda.
4. Menjelaskan
pergerakan nasional di Indonesia beserta tokoh-tokohnya.
5. Menjelaskan
latar belakang pendudukan Jepang di
Indonesia.
6. Menjelaskan
sebab dan akibat dari pengerahan tenaga romusha oleh Jepang terhadap rakyat
Indonesia.
7. Menceritakan
perlawanan rakyat di daerah terhadap Jepang.
8. Mendeskripsikan
perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.
IV.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa
dapat menjelaskan penyebab jatuhnya daerah-daerah di Nusantara ke dalam
kekuasaan pemerintahan Belanda.
2. Siswa
dapat menjelaskan sistem kerja paksa dan tanam paksa yang pernah terjadi di
Indonesia.
3. Siswa
dapat menceritakan perjuangan para tokoh daerah yang melakukan perlawanan
terhadap penjajah Belanda.
4. Siswa
dapat menjelaskan pergerakan nasional di Indonesia
beserta tokoh-tokohnya.
5. Siswa
dapat menjelaskan latar belakang pendudukan Jepang di Indonesia.
6. Siswa
dapat menjelaskan sebab dan akibat dari pengerahan
tenaga romusha oleh Jepang terhadap rakyat Indonesia.
7. Siswa
dapat menceritakan perlawanan rakyat di daerah terhadap
Jepang.
8. Siswa
dapat mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada
masa penjajahan Belanda dan Jepang.
&
KARAKTER SISWA YANG
DIHARAPKAN :
F
Disiplin , Tanggung Jawab, Rasa
Hormat, Teliti, Tekun
V.
DAMPAK PENGIRING
Setelah pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi “Perjuangan Para Tokoh Pejuang pada Masa
Penjajahan Belanda dan Jepang“, diharapkan semua siswa dapat mengetahui dan
meneladani perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan
Jepang.
VI. MATERI PEMBELAJARAN
·
Perjuangan para tokoh pejuang pada masa
penjajahan Belanda dan Jepang.
Ø Karena bangsa
Indonesia masih bodoh sehingga bangsa Belanda dengan mudah merebut/menduduki
daerah – daerah di Indonesia
Ø Sesudah menduduki
wilayah-wilayah di Indonesia Bangsa Belanda
mencetuskan sitem tanam paksa dan kerja paksa kepada bangsa Indonesia dengan
tanpa upah.
Ø Tanam paksa adalah
orang Indonesia disuruh menanam dan hasilnya harus di serahkan kepada Belanda.
Sedangkan kerja paksa adalah orang Indonesia harus bekerja kepada Belanda tanpa
henti dan tanpa upah’
VII. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
||
Siswa
|
Waktu
|
Pendidikan Karakter Bangsa
|
||
1.
|
Kegiatan Awal (10 menit)
·
Siswa berdoa bersama,
mengucapkan salam, dan absensi.
·
Memberikan motivasi,
mengkondisikan siswa untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan
pembelajaran.
|
K
K
|
4 menit
6 menit
|
Religius, disiplin, bersahabat/komunikatif.
|
2.
|
Kegiatan Inti (50 menit)
Þ
Eksplorasi
·
Guru menjelaskan sebab jatuhnya daerah-daerah di Nusantara ke dalam
kekuasaan pemerintahan Belanda serta menjelaskan sistem kerja paksa dan tanam paksa yang
pernah dialami bangsa Indonesia.
·
Bertanya jawab
mengenai sebab jatuhnya daerah-daerah
di Nusantara ke dalam kekuasaan pemerintahan Belanda serta sistem kerja paksa
dan tanam paksa yang pernah dialami bangsa Indonesia.
Þ
Elaborasi
·
Guru menugaskan siswa
untuk menjelaskan sebab jatuhnya
daerah-daerah di Nusantara ke dalam kekuasaan pemerintahan Belanda serta
sistem kerja paksa dan tanam paksa yang pernah dialami bangsa Indonesia.
·
Siswa berdiskusi
mengenai sebab jatuhnya daerah-daerah
di Nusantara ke dalam kekuasaan pemerintahan Belanda serta sistem kerja paksa
dan tanam paksa yang pernah dialami bangsa Indonesia.
Þ
Konfirmasi
·
Guru bertanya jawab
tentang materi yang belum diketahui siswa.
·
Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan, dan
penyimpulan.
·
Memotivasi siswa untuk
meningkatkan prestasi belajarnya.
|
K
K
K
Klp
K
K
K
|
8 menit
8 menit
5 menit
8 menit
8 menit
8 menit
5 menit
|
Bersahabat/komunikatif, toleransi, dan kerja keras.
Jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa
ingin tahu, bersahabat/komunikatif, tanggung jawab.
Rasa ingin tahu, mandiri, toleransi, bersahabat/komunikatif,
menghargai prestasi.
|
3.
|
Kegiatan Akhir (10 menit)
·
Siswa dan guru membuat
kesimpulan materi yang dipelajari.
·
Guru melakukan
refleksi kegiatan yang sudah dilaksanakan.
·
Berdoa bersama sesuai
dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
|
K
K
K
|
4 menit
3 menit
3 menit
|
Kreatif, bersahabat/komunikatif, religius.
|
VIII. METODE PEMBELAJARAN
·
Pendekatan konstektual
· Pendekatan Information
Search · Tanya jawab
· Pendekatan Active
Debate · Penugasan
· Pendekatan Small
Group Discussion
IX. SUMBER/BAHAN BELAJAR
§ Buku materi
IPS SD kelas 5
§ Buku LKS Maestro kelas 5
§ BSE IPS SD kelas 5
§ Narasumber (guru,
orang tua, dan masyarakat)
§ Media cetak (majalah, surat kabar)
§ Media elektronik (internet, VCD/DVD, televisi, radio)
X. PENILAIAN


.............,
............... 20....
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas V
NIP. NIP.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/ Semester : V / 2
Alokasi Waktu : 2x35
menit (1 Pertemuan)
I. STANDAR KOMPETENSI
III. Menghargai
peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan
kemerdekaan Indonesia.
II. KOMPETENSI DASAR
2.2
Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang
pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.
III. INDIKATOR
1. Menjelaskan
penyebab jatuhnya daerah-daerah di Nusantara ke dalam kekuasaan pemerintahan
Belanda.
2. Menjelaskan
sistem kerja paksa dan tanam paksa yang pernah terjadi di Indonesia.
3. Menceritakan
perjuangan para tokoh daerah yang melakukan perlawanan terhadap penjajah
Belanda.
4. Menjelaskan
pergerakan nasional di Indonesia beserta tokoh-tokohnya.
5. Menjelaskan
latar belakang pendudukan Jepang di
Indonesia.
6. Menjelaskan
sebab dan akibat dari pengerahan tenaga romusha oleh Jepang terhadap rakyat
Indonesia.
7. Menceritakan
perlawanan rakyat di daerah terhadap Jepang.
8. Mendeskripsikan
perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.
IV.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Siswa dapat menjelaskan penyebab jatuhnya
daerah-daerah di Nusantara ke dalam kekuasaan pemerintahan Belanda.
2.
Siswa dapat menjelaskan sistem kerja paksa
dan tanam paksa yang pernah terjadi di Indonesia.
3.
Siswa dapat menceritakan perjuangan para
tokoh daerah yang melakukan perlawanan terhadap penjajah Belanda.
4.
Siswa dapat
menjelaskan pergerakan nasional di Indonesia beserta tokoh-tokohnya.
5.
Siswa dapat
menjelaskan latar belakang pendudukan
Jepang di Indonesia.
6.
Siswa dapat
menjelaskan sebab dan akibat dari pengerahan tenaga romusha oleh Jepang
terhadap rakyat Indonesia.
7.
Siswa dapat
menceritakan perlawanan rakyat di daerah terhadap Jepang.
8.
Siswa dapat
mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan
Jepang.
&
KARAKTER SISWA YANG
DIHARAPKAN :
F
Disiplin , Tanggung Jawab, Rasa
Hormat, Teliti, Tekun
V.
DAMPAK PENGIRING
Setelah
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi “Perjuangan Para Tokoh Pejuang pada Masa Penjajahan Belanda dan Jepang“,
diharapkan semua siswa dapat mengetahui dan meneladani perjuangan para tokoh
pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.
VI. MATERI PEMBELAJARAN
·
Perjuangan para tokoh pejuang pada masa
penjajahan Belanda dan Jepang.
Ø Perlawanan bangsa
Indonesia kepada Pemerintahan Belanda di berbagai daerah di Indonesia
Ø Misalnya Di Jawa
Tengah dengan tokohnya yang terkenal yaitu Pangeran Diponegoro
Ø Di Aceh
Perjuangannya di pimpin oleh Cut Nyak Dien
Ø Di Sumatera Barat
Perjuangannya Di pimpin oleh Tuanku Imam Bonjol dan masih banyak lagi tokoh –
tokoh dari daerah lain yang berjuang untuk mengusir bangsa Belanda dari
Indonesia.
VII. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
||
Siswa
|
Waktu
|
Pendidikan Karakter Bangsa
|
||
1.
|
Kegiatan Awal (15 menit)
·
Siswa berdoa bersama,
mengucapkan salam, dan absensi.
·
Memberikan motivasi,
mengkondisikan siswa untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan
pembelajaran.
·
Bertanya jawab tentang
pelajaran terakhir yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
|
K
K
K
|
2 menit
5 menit
8 menit
|
Religius, disiplin, bersahabat/komunikatif.
|
2.
|
Kegiatan Inti (45 menit)
Þ
Eksplorasi
·
Guru menceritakan
perjuangan para tokoh daerah untuk mengusir penjajah Belanda.
·
Bertanya jawab
mengenai perjuangan para tokoh daerah untuk mengusir penjajah Belanda.
Þ
Elaborasi
·
Guru menugaskan siswa
untuk menceritakan perjuangan para tokoh daerah untuk mengusir penjajah
Belanda.
·
Siswa berdiskusi
mengenai perjuangan para tokoh daerah untuk mengusir penjajah Belanda.
Þ
Konfirmasi
·
Guru bertanya jawab
tentang materi yang belum diketahui siswa.
·
Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan, dan
penyimpulan.
·
Memotivasi siswa untuk
meningkatkan prestasi belajarnya.
|
K
K
K
Klp
K
K
K
|
8 menit
8 menit
8 menit
8 menit
8 menit
3 menit
2 menit
|
Bersahabat/komunikatif, toleransi, semangat kebangsaan,
cinta tanah air, dan kerja keras.
Jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa
ingin tahu, bersahabat/komunikatif, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
tanggung jawab.
Rasa ingin tahu, mandiri, toleransi, bersahabat/komunikatif,
menghargai prestasi.
|
3.
|
Kegiatan Akhir (10 menit)
·
Siswa dan guru membuat
kesimpulan materi yang dipelajari.
·
Guru melakukan
refleksi kegiatan yang sudah dilaksanakan.
·
Berdoa bersama sesuai
dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
|
K
K
K
|
5 menit
3 menit
2 menit
|
Kreatif, bersahabat/komunikatif, religius.
|
VIII. METODE PEMBELAJARAN
·
Pendekatan konstektual
· Pendekatan Information
Search · Tanya jawab
· Pendekatan Active
Debate · Penugasan
· Pendekatan Small
Group Discussion
IX. SUMBER/BAHAN BELAJAR
§ Buku materi
IPS SD kelas 5
§ Buku LKS Maestro kelas 5
§ BSE IPS SD kelas 5
§ Narasumber (guru,
orang tua, dan masyarakat)
§ Media cetak (majalah, surat kabar)
§ Media elektronik (internet, VCD/DVD, televisi, radio)
X. PENILAIAN


.............,
............... 20....
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas V
NIP. NIP.
bagus
BalasHapus