Minggu, 23 Desember 2012

RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata pelajaran        : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/ Semester    : V / 2
Alokasi Waktu         : 2x35 menit (1 Pertemuan)


I.      STANDAR KOMPETENSI
3.   Memahami kebebasan berorganisasi.

II.       KOMPETENSI DASAR
3.1 Mendeskripsikan pengertian organisasi.

III.      INDIKATOR
1.    Menjelaskan unsur-unsur dan ciri-ciri organisasi.
2.    Menjelaskan pentingnya berorganisasi.
3.    Mendeskripsikan pengertian organisasi.

IV.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.   Siswa dapat menjelaskan unsur-unsur dan ciri-ciri organisasi.
2.   Siswa dapat menjelaskan pentingnya berorganisasi.
3.   Siswa dapat mendeskripsikan pengertian organisasi.

&   KARAKTER SISWA YANG DIHARAPKAN :
F  Disiplin , Tanggung Jawab, Rasa Hormat, Teliti, Tekun

V.      DAMPAK PENGIRING
Setelah pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada materi pengertian organisasi, diharapkan semua siswa dapat menerapkan pada kehidupan sehari-hari.

VI.     MATERI PEMBELAJARAN
Pengertian organisasi

VII.                                   LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN


No.

Kegiatan Pembelajaran
Pengorganisasian
Siswa
Waktu
Pendidikan Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal (15 menit)
·       Siswa berdoa bersama, mengucapkan salam, dan absensi.
·       Memberikan motivasi, mengkondisikan siswa untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
·       Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan selama liburan.
·       Guru bertanya tentang kegiatan ekstrakurikuler yang pernah diikuti oleh siswa.

K


K


K

K

4 menit


3 menit


4 menit

4 menit

Religius, disiplin, dan komunikatif.
2.
Kegiatan Inti (45 menit)
Þ    Eksplorasi
·   Semua siswa diminta menyimak teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai pengertian organisasi dan unsur-unsur organisasi.
·   Siswa diminta mencoba membuat definisi organisasi.
·   Guru menjelaskan tentang terbentuknya sebuah organisasi.
Þ    Elaborasi
·   Bertanya jawab tentang organisasi formal dan organisasi informal.
·   Guru menjelaskan tentang unsur-unsur utama dalam sebuah organisasi.
·   Guru bertanya kepada siswa mengapa sebuah organisasi harus memiliki tujuan dan program kerja yang jelas.
·   Bertanya jawab tentang susunan kepengurusan dalam sebuah organisasi.
·   Siswa dibagi beberapa kelompok dan berdiskusi bersama kelompoknya mengenai pentingnya stuktur kepengurusan organisasi.
·   Siswa melaporkan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas.
·   Siswa dari kelompok lain memberikan tanggapan.
·   Guru memberikan beberapa pertanyaan tertulis dari materi yang telah dibahas.
·   Siswa mengerjakan tugas secara individu.
Þ    Konfirmasi
·   Guru bertanya jawab tentang materi yang belum diketahui siswa.
·   Pembahasan lembar tugas.
·   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan, dan penyimpulan.
·   Memotivasi siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya.



K



I

K


K

K


K


K

KIp


Klp

Klp

K

I


K

K
K


K



2 menit



3 menit

3 menit


3 menit

3 menit


2 menit


3 menit

5 menit


3 menit

4 menit

2 menit

3 menit


3 menit

2 menit
2 menit


2 menit



Mandiri, disiplin, gemar membaca, tanggung jawab






Demokratis, disiplin, toleransi, kreatif, mandiri, kerja keras, komunikatif, tanggung jawab.
















Rasa ingin tahu, komunikatif, menghargai prestasi.

3.
Kegiatan Akhir (10 menit)
·       Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang dipelajari.
·       Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
·       Berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

K


K

K

5 menit


3 menit

2 menit

Kreatif dan religius.


VIII.   METODE PEMBELAJARAN
·       Pendekatan Reading Aloud
·       Ceramah
·       Pendekatan Small Group Discussion
·       Pendekatan konstektual
·       Tanya jawab
·       Penugasan

IX.                                    SUMBER/BAHAN BELAJAR
·       Buku PKn SD kelas 5
·       Buku LKS Maestro kelas 5
·       Buku BSE PKn SD kelas 5
·       Narasumber (guru)
·       Media elektronik (internet, televisi, radio)
·       Lingkungan sosial (lingkungan sekolah dan masyarakat

X.                                     PENILAIAN
 

                                                                                                                                                ............., ............... 20....

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                  Guru Mapel PKn


                                                                                                                                                                               
NIP.                                                                                                                        NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata pelajaran        : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/ Semester    : V / 2
Alokasi Waktu         : 2x35 menit (1 Pertemuan)


I.        STANDAR KOMPETENSI
3.   Memahami kebebasan berorganisasi.

II.       KOMPETENSI DASAR
3.2 Mendeskripsikan pengertian organisasi.

III.      INDIKATOR
1.     Menjelaskan unsur-unsur dan ciri-ciri organisasi.
2.     Menjelaskan pentingnya berorganisasi.
3.     Mendeskripsikan pengertian organisasi.

IV.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.     Siswa dapat menjelaskan unsur-unsur dan ciri-ciri organisasi.
2.     Siswa dapat menjelaskan pentingnya berorganisasi.
3.     Siswa dapat mendeskripsikan pengertian organisasi.
&   KARAKTER SISWA YANG DIHARAPKAN :
F  Disiplin , Tanggung Jawab, Rasa Hormat, Teliti, Tekun

V.      DAMPAK PENGIRING
Setelah pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada materi pengertian organisasi, diharapkan semua siswa dapat menerapkan pada kehidupan sehari-hari.

VI.     MATERI PEMBELAJARAN
Pengertian organisasi
·         Organisasi adalah suatu kelompok yang memiliki anggota dan mempunyai tujuan tertentu.
·         Di Negara kita berorganisasi merupakan suatu kebebasan dan di jamin oleh UUD 1945
·         Setiap anggota organisasi memiliki tugas yang berbeda –beda sesui dengan jabatannya di organisasi tersebut


VII.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN




No.

Kegiatan Pembelajaran
Pengorganisasian
Siswa
Waktu
Pendidikan Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal (10 menit)
·       Siswa berdoa bersama, mengucapkan salam, dan absensi.
·       Memberikan motivasi, mengkondisikan siswa untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
·       Bertanya jawab tentang pelajaran terakhir yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya.

K


K


K


4 menit


3 menit


3 menit


Religius, disiplin, komunikatif, tanggung jawab
2.
Kegiatan Inti (50 menit)
Þ    Eksplorasi
·   Guru menjelaskan tentang ciri-ciri umum sebuah organisasi.
·   Siswa diminta menyebutkan jaminan kebebasan berorganisasi yang diatur dalam UUD 1945.
·   Guru bertanya mengapa setiap anggota organisasi memiliki tugas yang berbeda.
Þ    Elaborasi
·   Bertanya jawab mengenai hal-hal yang mendorong manusia untuk berorganisasi.
·   Guru menjelaskan pentingnya berorganisasi.
·   Bertanya jawab tentang manfaat yang diperoleh dari kegiatan berorganisasi.
·   Siswa dibagi beberapa kelompok dan berdiskusi bersama kelompoknya mengenai pentingnya kebebasan dalam berorganisasi.
·   Siswa melaporkan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas.
·   Siswa dari kelompok lain memberikan tanggapan.
·   Siswa mengerjakan tugas individu.
Þ    Konfirmasi
·   Guru bertanya jawab tentang materi yang belum diketahui siswa.
·   Pembahasan lembar tugas.
·   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan, dan penyimpulan.
·   Memotivasi siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya.



K

I


K


K

K
K

Klp



Klp

Klp

I



K

K
K


K



4 menit

4 menit


3 menit


3 menit

4 menit
3 menit

5 menit



4 menit

5 menit

4 menit



3 menit

4 menit
2 menit


2 menit



Mandiri,disiplin, komunikatif, tanggung jawab





Demokratis, toleransi, komunikatif, disiplin, kreatif, mandiri, kerja keras, tanggung jawab.










Rasa ingin tahu, komunikatif, menghargai prestasi.
VIII.   METODE PEMBELAJARAN
·       Pendekatan Reading Aloud
·       Ceramah
·       Pendekatan Small Group Discussion
·       Pendekatan konstektual
·       Tanya jawab
·       Penugasan

IX.     SUMBER/BAHAN BELAJAR
·       Buku PKn SD kelas 5
·       Buku LKS Maestro kelas 5
·       Buku BSE PKn SD kelas 5
·       Narasumber (guru)
·       Media elektronik (internet, televisi, radio)
·       Lingkungan sosial (lingkungan sekolah dan masyarakat)
X.   PENILAIAN
 

                                                                                                                                                ............., ............... 20....

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                  Guru Mapel PKn


                                                                                                                                                                               
NIP.                                                                                                                        NIP.










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester  : V / 2
Alokasi Waktu     : 2x35 menit (1 Pertemuan)


      I.        STANDAR KOMPETENSI
5.     Mendengarkan
Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan.

     II.        KOMPETENSI DASAR
5.1   Menanggapi cerita tentang  peristiwa yang terjadi di sekitar yang  disampaikan secara lisan.

    III.        INDIKATOR
1.     Mendengarkan cerita tentang peristiwa.
2.     Mencatat pokok-pokok peristiwa.
3.     Menanggapi cerita tentang  peristiwa yang terjadi di sekitar yang  disampaikan secara lisan.

    IV.        TUJUAN PEMBELAJARAN
1.     Siswa dapat mendengarkan cerita tentang peristiwa.
2.     Siswa dapat mencatat pokok-pokok peristiwa.
3.     Siswa dapat menanggapi cerita tentang  peristiwa yang terjadi di sekitar yang  disampaikan secara lisan.
&   KARAKTER SISWA YANG DIHARAPKAN :
F  Disiplin , Tanggung Jawab, Rasa Hormat, Teliti, Tekun

     V.        DAMPAK PENGIRING
Setelah pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi mendengarkan dan menanggapi cerita tentang peristiwa diharapkan semua siswa dapat menanggapi cerita tentang  peristiwa yang terjadi di sekitar yang  disampaikan secara lisan.

    VI.        MATERI PEMBELAJARAN
·         Tanggapan cerita tentang peristiwa

   VII.        LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
·         Pertemuan Pertama

No.

Kegiatan Pembelajaran
Pengorganisasian
Siswa
Waktu
Pendidikan Budaya Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal (10 menit)
·       Siswa berdoa bersama, mengucapkan salam, dan absensi.
·       Memberikan motivasi, mengkondisikan siswa untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
·       Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari.
·       Mengajukan pertanyaan tentang peristiwa yang terjadi di sekitar.

K

K


K

K

3 menit

2 menit


2 menit

3 menit

Religius, disiplin, kreatif, komunikatif, mandiri, dan rasa ingin tahu.
2.
Kegiatan Inti (50 menit)
Þ    Eksplorasi
·   Semua siswa mendengarkan penjelasan tentang cara memberi tanggapan yang baik.
·   Guru memberikan contoh menanggapi cerita tentang  peristiwa yang terjadi di sekitar yang  disampaikan secara lisan.
·   Siswa mengamati dan merespons penjelasan guru.
Þ    Elaborasi
·   Siswa mendengarkan cerita tentang peristiwa yang berjudul ”Ekspor Rumput Laut Bakal Dibatasi”.

·   Siswa mencatat pokok-pokok peristiwa ”Ekspor Rumput Laut Bakal Dibatasi”.
·   Siswa menanggapi cerita tentang  peristiwa yang terjadi di sekitar yang  disampaikan secara lisan.
·   Siswa secara individu mengerjakan tugas (Ayo, Mendengarkan! hal. 5.)
Þ    Konfirmasi
·   Guru bertanya jawab tentang materi yang belum diketahui siswa.
·   Pembahasan lembar tugas.
·   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan, dan penyimpulan.
·   Memotivasi siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya.


K

K


K


K



I

I


I


K

K
K


K


5 menit

3 menit


2 menit


5 menit



6 menit

5 menit


7 menit


5 menit

5 menit
4 menit


3 menit


Jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, dan komunikatif.




Jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, komunikatif, gemar membaca, dan tanggung jawab.


                              



Kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, komunikatif, dan tanggung jawab.

3.
Kegiatan Akhir (10 menit)
·       Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang dipelajari.
·       Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
·       Berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

K

K

K

4 menit

4 menit

2 menit

Jujur, kerja keras, kreatif, mandiri, komunikatif, rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan religius.

  VIII.        METODE PEMBELAJARAN
·         Ceramah
·         Debat Aktif
·         Listening team (tim pendengar)
·         Small group discusion (diskusi kelompok kecil)

    IX.        SUMBER/BAHAN BELAJAR
·         Buku Bahasa Indonesia SD kelas V
·         Elektronik (televisi, radio, dan internet)
·         Narasumber (guru)
·         Lingkungan sosial

     X.        PENILAIAN













                                                                                               
     Mengetahui,
Kepala Sekolah


__________________
NIP.








..........., ........................
Guru Kelas/ Mapel


__________________
NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester  : V / 2
Alokasi Waktu     : 2x35 menit (1 Pertemuan)


I.        STANDAR KOMPETENSI
6.     Mendengarkan
Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan.

II.       KOMPETENSI DASAR
6.2   Menanggapi cerita tentang  peristiwa yang terjadi di sekitar yang  disampaikan secara lisan.

III.      INDIKATOR
1.     Mendengarkan cerita tentang peristiwa.
2.     Mencatat pokok-pokok peristiwa.
3.     Menanggapi cerita tentang  peristiwa yang terjadi di sekitar yang  disampaikan secara lisan.

IV.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.     Siswa dapat mendengarkan cerita tentang peristiwa.
2.     Siswa dapat mencatat pokok-pokok peristiwa.
3.     Siswa dapat menanggapi cerita tentang  peristiwa yang terjadi di sekitar yang  disampaikan secara lisan.
&   KARAKTER SISWA YANG DIHARAPKAN :
F  Disiplin , Tanggung Jawab, Rasa Hormat, Teliti, Tekun

V.      DAMPAK PENGIRING
Setelah pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi mendengarkan dan menanggapi cerita tentang peristiwa diharapkan semua siswa dapat menanggapi cerita tentang  peristiwa yang terjadi di sekitar yang  disampaikan secara lisan.

VI.     MATERI PEMBELAJARAN
·         Tanggapan cerita tentang peristiwa

VII.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

No.

Kegiatan Pembelajaran
Pengorganisasian
Siswa
Waktu
Pendidikan Budaya Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal (10 menit)
·       Siswa berdoa bersama, mengucapkan salam, dan absensi.
·       Memberikan motivasi, mengkondisikan siswa untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
·       Bertanya jawab tentang pelajaran terakhir yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya.

K

K


K

3 menit

2 menit


5 menit

Religius, disiplin, kreatif, komunikatif, mandiri, dan rasa ingin tahu.
2.
Kegiatan Inti (50 menit)
Þ    Eksplorasi
·   Semua siswa mendengarkan penjelasan tentang cara memberi tanggapan yang baik.
·   Guru memberikan contoh menanggapi cerita tentang  peristiwa yang terjadi di sekitar yang  disampaikan secara lisan.
·   Siswa mengamati dan merespons penjelasan guru.
Þ    Elaborasi
·   Siswa mendengarkan cerita tentang peristiwa.
·   Siswa mencatat pokok-pokok peristiwa.
·   Siswa menanggapi cerita tentang  peristiwa yang terjadi di sekitar yang  disampaikan secara lisan.
·   Siswa secara individu mengerjakan tugas (Uji Potensi Siswa aspek mendengarkan hal. 10.)
Þ    Konfirmasi
·   Guru bertanya jawab tentang materi yang belum diketahui siswa.
·   Pembahasan lembar tugas.
·   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan, dan penyimpulan.
·   Memotivasi siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya.


K

K


K


K
I
I


I


K

K
K


K


5 menit

3 menit


2 menit


7 menit
5 menit
7 menit


8 menit


4 menit

4 menit
3 menit


2 menit


Jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, dan komunikatif.




Jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, komunikatif, gemar membaca, dan tanggung jawab.



Kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, komunikatif, dan tanggung jawab.

3.
Kegiatan Akhir (10 menit)
·       Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang dipelajari.
·       Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
·       Berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

K

K

K

4 menit

4 menit

2 menit

Jujur, kerja keras, kreatif, mandiri, komunikatif, rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan religius.
VIII.   METODE PEMBELAJARAN
·         Ceramah
·         Debat Aktif
·         Listening team (tim pendengar)
·         Small group discusion (diskusi kelompok kecil)

IX.     SUMBER/BAHAN BELAJAR
·         Buku Bahasa Indonesia SD kelas V
·         Elektronik (televisi, radio, dan internet)
·         Narasumber (guru)
·         Lingkungan sosial

X.      PENILAIAN












 

                                                                                               
     Mengetahui,
Kepala Sekolah


__________________
NIP.

..........., ........................
Guru Kelas/ Mapel


__________________
NIP.









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester  : V / 2
Alokasi Waktu     : 2x35 menit (1 Pertemuan)


      I.        STANDAR KOMPETENSI
5.    Mendengarkan
Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan.

     II.        KOMPETENSI DASAR
5.2   Menanggapi cerita tentang  peristiwa yang terjadi di sekitar yang  disampaikan secara lisan.

    III.        INDIKATOR
a.     Mendengarkan cerita tentang peristiwa.
b.     Mencatat pokok-pokok peristiwa.
c.     Menanggapi cerita tentang  peristiwa yang terjadi di sekitar yang  disampaikan secara lisan.

    IV.        TUJUAN PEMBELAJARAN
1.     Siswa dapat mendengarkan cerita tentang peristiwa.
2.     Siswa dapat mencatat pokok-pokok peristiwa.
3.     Siswa dapat menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan.

&   KARAKTER SISWA YANG DIHARAPKAN :
F  Disiplin , Tanggung Jawab, Rasa Hormat, Teliti, Tekun

     V.        DAMPAK PENGIRING
Setelah pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi mendengarkan dan menanggapi cerita tentang peristiwa diharapkan semua siswa dapat menanggapi cerita tentang  peristiwa yang terjadi di sekitar yang  disampaikan secara lisan.

    VI.        MATERI PEMBELAJARAN
·         Tanggapan cerita tentang peristiwa

   VII.        LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

No.

Kegiatan Pembelajaran
Pengorganisasian
Siswa
Waktu
Pendidikan Budaya Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal (10 menit)
·       Siswa berdoa bersama, mengucapkan salam, dan absensi.
·       Memberikan motivasi, mengkondisikan siswa untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
·       Bertanya jawab tentang pelajaran terakhir yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya.

K

K


K

3 menit

2 menit


5 menit

Religius, disiplin, kreatif, komunikatif, mandiri, dan rasa ingin tahu.
2.
Kegiatan Inti (50 menit)
Þ    Eksplorasi
·   Semua siswa mendengarkan penjelasan tentang cara memberi tanggapan yang baik.
·   Guru memberikan contoh menanggapi cerita tentang  peristiwa yang terjadi di sekitar yang  disampaikan secara lisan.
·   Siswa mengamati dan merespons penjelasan guru.
Þ    Elaborasi
·   Siswa mendengarkan cerita tentang peristiwa yang berjudul ”Bermain Gamelan”.
·   Siswa mencatat pokok-pokok peristiwa ”Bermain Gamelan”.
·   Siswa menanggapi cerita tentang  peristiwa yang terjadi di sekitar yang  disampaikan secara lisan.
·   Siswa secara individu mengerjakan tugas (Ayo, Mendengarkan! hal. 25).
Þ    Konfirmasi
·   Guru bertanya jawab tentang materi yang belum diketahui siswa.
·   Pembahasan lembar tugas.
·   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan, dan penyimpulan.
·   Memotivasi siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya.


K

K


K


K

I

I


I


K

K
K


K


5 menit

3 menit


2 menit


5 menit

7 menit

7 menit


8 menit


4 menit

4 menit
3 menit


2 menit


Jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, dan komunikatif.




Jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, komunikatif, gemar membaca, dan tanggung jawab.




Kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, komunikatif, dan tanggung jawab.

3.
Kegiatan Akhir (10 menit)
·       Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang dipelajari.
·       Tindak lanjut (pemberian tugas rumah).
·       Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
·       Berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

K

I
K

K

4 menit

2 menit
2 menit

2 menit

Jujur, kerja keras, kreatif, mandiri, komunikatif, rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan religius.
  VIII.        METODE PEMBELAJARAN
·         Ceramah
·         Debat Aktif
·         Listening team (tim pendengar)
·         Small group discusion (diskusi kelompok kecil)

    IX.        SUMBER/BAHAN BELAJAR
·         Buku Bahasa Indonesia SD kelas V
·         Elektronik (televisi, radio, dan internet)
·         Narasumber (guru)
·         Lingkungan sosial

     X.        PENILAIAN














                                                                                               
     Mengetahui,
Kepala Sekolah


__________________
NIP.

..........., ........................
Guru Kelas/ Mapel


__________________
NIP.








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata pelajaran            : Matematika
Kelas/ Semester        : V/ II
Alokasi Waktu             : 2x35 menit (1 Pertemuan)

A.     STANDAR KOMPETENSI
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah.

B.    KOMPETENSI DASAR
5.2   Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan.

C.    INDIKATOR
       i.    Mempelajari penjumlahan pecahan biasa dengan pecahan biasa.
      ii.    Menghitung penjumlahan pecahan campuran.
     iii.    Menghitung penjumlahan tiga pecahan berturut-turut.
     iv.    Melakukan penjumlahan pecahan desimal dengan pecahan desimal.
      v.    Melakukan penjumlahan berbagai bentuk pecahan.
     vi.    Melakukan pengurangan pecahan biasa dengan pecahan biasa.
    vii.    Melakukan pengurangan pecahan campuran.
   viii.    Melakukan pengurangan pecahan desimal dengan pecahan desimal.
     ix.    Melakukan pengurangan pecahan yang berbeda jenis.
      x.    Melakukan operasi hitung campuran berbagai bentuk pecahan.
     xi.    Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan.

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.     Siswa dapat mempelajari penjumlahan pecahan biasa dengan pecahan biasa.
2.     Siswa dapat menghitung penjumlahan pecahan campuran.
3.     Siswa dapat menghitung penjumlahan tiga pecahan berturut-turut.
4.     Siswa dapat melakukan penjumlahan pecahan desimal dengan pecahan desimal.
5.     Siswa dapat melakukan penjumlahan berbagai bentuk pecahan.
6.     Siswa dapat melakukan pengurangan pecahan biasa dengan pecahan biasa.
7.     Siswa dapat melakukan pengurangan pecahan campuran.
8.     Siswa dapat melakukan pengurangan pecahan desimal dengan pecahan desimal.
9.     Siswa dapat melakukan pengurangan pecahan yang berbeda jenis.
10.   Siswa dapat melakukan operasi hitung campuran berbagai bentuk pecahan.
11.   Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan.

&   KARAKTER SISWA YANG DIHARAPKAN :
F  Disiplin , Tanggung Jawab, Rasa Hormat, Teliti, Tekun


E.     DAMPAK PENGIRING
Setelah pembelajaran Matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan berbagai bentuk pecahan, diharapkan semua siswa dapat menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

F.     MATERI PEMBELAJARAN
Penjumlahan dan pengurangan berbagai bentuk pecahan.
·         Membedakan antara pembilang dan penyebut pecahan
·         Penjumlahan pecahan biasa dengan pecahan biasa
·         Pengurangan pecahan biasa dengan pecahan biasa
·         Penjumlahan tiga pecahan biasa berturut- turut


G.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

No.
Kegiatan Pembelajaran
Pengorganisasian
Siswa
Waktu
Pendidikan Budaya Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal (10 menit)
·       Guru mengucapkan salam kemudian berdoa bersama dan mengabsen siswa.
·       Memberikan motivasi, mengkondisikan siswa untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
·       Membahas tugas pekerjaan rumah.
·       Bertanya jawab tentang pelajaran terakhir yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya.



K

K


K

K

2 menit

2 menit


4 menit

2 menit


Religius, disiplin, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu dan komunikatif
2.
Kegiatan Inti (50 menit)
Þ    Eksplorasi
·   Guru menjelaskan langkah-langkah untuk menjumlahkan pecahan biasa dengan pecahan biasa.
·   Guru menjelaskan cara melakukan penjumlahan pecahan campuran.
·   Guru memberikan contoh soal beserta cara penyelesaiannya.
Þ    Elaborasi
·   Siswa diminta mengerjakan soal tentang penjumlahan pecahan biasa dengan pecahan biasa.
·   Guru meminta beberapa siswa untuk maju ke depan kelas mengerjakan soal tentang penjumlahan pecahan campuran.
·   Siswa secara individu mengerjakan tugas “Ayo Berlatih“.
Þ    Konfirmasi
·   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami.
·   Pembahasan lembar tugas.
·   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan, dan menyimpulkan materi pelajaran.
·   Memotivasi siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya.


K


K

K



I


I


I


K


K

K



K


5 menit


5 menit

5 menit



6 menit


5 menit


10 menit


4 menit


4 menit

4 menit



2 menit


Jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, dan komunikatif




Jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, komunikatif, dan tanggung jawab



Kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, komunikatif, dan tanggung jawab
3.
Kegiatan Akhir (10 menit)
·       Guru bersama-sama siswa membuat catatan/rangkuman.
·       Tindak lanjut (pemberian tugas ”Latihan di Rumah“).
·       Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
·       Guru menutup pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

K

I

K


K

4 menit

2 menit

2 menit


2 menit

Jujur, kerja keras, kreatif, mandiri, komunikatif, rasa ingin tahu, tanggung jawab dan religius



H.    METODE PEMBELAJARAN
·       Reading Aloud (Strategi membaca dengan keras)
·       Small Group Discussion (Diskusi kelompok kecil)

I.      SUMBER/BAHAN BELAJAR
·       Buku Matematika SD kelas V
·       Narasumber (guru)
·       Media cetak (majalah, surat kabar)
·       Media elektronik (internet, televisi, dan radio)
·       Perpustakaan










J.     PENILAIAN












 


                                                                                                                                                ............., ............... 20....

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                  Guru Mapel Matematika



                                                                                                                                                                               
                NIP.                                                                                                                        NIP.























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata pelajaran            : Matematika
Kelas/ Semester        : V/ II
Alokasi Waktu             : 2x35 menit (1 Pertemuan)

I.      STANDAR KOMPETENSI
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah.

II.     KOMPETENSI DASAR
5.3   Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan.

III.    INDIKATOR
1.     Mempelajari penjumlahan pecahan biasa dengan pecahan biasa.
2.     Menghitung penjumlahan pecahan campuran.
3.     Menghitung penjumlahan tiga pecahan berturut-turut.
4.     Melakukan penjumlahan pecahan desimal dengan pecahan desimal.
5.     Melakukan penjumlahan berbagai bentuk pecahan.
6.     Melakukan pengurangan pecahan biasa dengan pecahan biasa.
7.     Melakukan pengurangan pecahan campuran.
8.     Melakukan pengurangan pecahan desimal dengan pecahan desimal.
9.     Melakukan pengurangan pecahan yang berbeda jenis.
10.   Melakukan operasi hitung campuran berbagai bentuk pecahan.
11.   Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan.

IV.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.     Siswa dapat mempelajari penjumlahan pecahan biasa dengan pecahan biasa.
2.     Siswa dapat menghitung penjumlahan pecahan campuran.
3.     Siswa dapat menghitung penjumlahan tiga pecahan berturut-turut.
4.     Siswa dapat melakukan penjumlahan pecahan desimal dengan pecahan desimal.
5.     Siswa dapat melakukan penjumlahan berbagai bentuk pecahan.
6.     Siswa dapat melakukan pengurangan pecahan biasa dengan pecahan biasa.
7.     Siswa dapat melakukan pengurangan pecahan campuran.
8.     Siswa dapat melakukan pengurangan pecahan desimal dengan pecahan desimal.
9.     Siswa dapat melakukan pengurangan pecahan yang berbeda jenis.
10.    Siswa dapat melakukan operasi hitung campuran berbagai bentuk pecahan.
11.    Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan.


&   KARAKTER SISWA YANG DIHARAPKAN :
F  Disiplin , Tanggung Jawab, Rasa Hormat, Teliti, Tekun


V.     DAMPAK PENGIRING
Setelah pembelajaran Matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan berbagai bentuk pecahan, diharapkan semua siswa dapat menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

VI.    MATERI PEMBELAJARAN
Penjumlahan dan pengurangan berbagai bentuk pecahan.
·         Mengubah bentuk persen menjadi pecahan desimal
·         Mengubah bentuk persen menjadi pecahan biasa

VII.   LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No.
Kegiatan Pembelajaran
Pengorganisasian
Siswa
Waktu
Pendidikan Budaya Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal (10 menit)
·       Guru mengucapkan salam kemudian berdoa bersama dan mengabsen siswa.
·       Memberikan motivasi, mengkondisikan siswa untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
·       Membahas tugas pekerjaan rumah.
·       Bertanya jawab tentang pelajaran terakhir yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya.

K

K


K

K

2 menit

2 menit


4 menit

2 menit

Religius, disiplin, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu dan komunikatif.
2.
Kegiatan Inti (50 menit)
Þ    Eksplorasi
·   Guru menjelaskan tentang langkah-langkah mengubah bentuk persen menjadi pecahan biasa.
·   Guru menjelaskan tentang langkah-langkah mengubah bentuk persen menjadi pecahan desimal.
·   Guru memberikan contoh soal beserta cara penyelesaiannya.
Þ    Elaborasi
·   Siswa maju ke depan kelas untuk mengerjakan soal tentang mengubah persen menjadi pecahan biasa.
·   Siswa berdiskusi dengan teman sebangku untuk mengubah persen menjadi pecahan desimal.
·   Guru meminta perwakilan beberapa siswa untuk maju ke depan kelas untuk menuliskan jawabannya.
·   Siswa secara individu mengerjakan tugas ”Ayo Berlatih“.
Þ    Konfirmasi
·   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami.
·   Pembahasan lembar tugas.
·   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan, dan menyimpulkan materi pelajaran.
·   Memotivasi siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya.


K


K


K



I


KIp


I


I


K


K

K



K


3 menit


3 menit


3 menit



3 menit


10 menit


4 menit


10 menit


4 menit


4 menit

4 menit



2 menit


Jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, dan komunikatif.



Jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, komunikatif, dan tanggung jawab.








Kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, komunikatif, dan tanggung jawab.
3.
Kegiatan Akhir (10 menit)
·       Guru bersama-sama siswa membuat catatan/rangkuman.
·       Tindak lanjut (pemberian tugas dari guru).
·       Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
·       Guru menutup pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

K

I
K

K

4 menit

2 menit
2 menit

2 menit

Jujur, kerja keras, kreatif, mandiri, komunikatif, rasa ingin tahu, tanggung jawab dan religius
VIII.  METODE PEMBELAJARAN
·       Reading Aloud (Strategi membaca dengan keras)
·       Small Group Discussion (Diskusi kelompok kecil)

IX.    SUMBER/BAHAN BELAJAR
·       Buku Matematika SD kelas V
·       Narasumber (guru)
·       Media cetak (majalah, surat kabar)
·       Media elektronik (internet, televisi, dan radio)
·       Perpustakaan












X.     PENILAIAN














 


                                                                                                                                                ............., ............... 20....

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                  Guru Mapel Matematika



                                                                                                                                                                               
                NIP.                                                                                                                        NIP.
























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata pelajaran        : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/ Semester    : V/ II
Alokasi Waktu         : 2x35 menit (1 Pertemuan)

I.      Stdanar Kompetensi
6.     Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya atau model.

II.     Kompetensi Dasar
6.1   Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya.

III.    Indikator
1.     Menunjukkan sifat cahaya yang dapat merambat lurus.
2.     Menunjukkan sifat cahaya yang dapat menembus benda bening.
3.     Menunjukkan sifat cahaya yang dapat dipantulkan.
4.     Menunjukkan sifat cahaya yang dapat dibiaskan.
5.     Menjelaskan warna pada cahaya putih.
6.     Menjelaskan benda yang dapat dilihat karena benda memantulkan cahaya.
7.     Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya.

IV.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.     Siswa dapat menunjukkan sifat cahaya yang dapat merambat lurus.
2.     Siswa dapat menunjukkan sifat cahaya yang dapat menembus benda bening.
3.     Siswa dapat menunjukkan sifat cahaya yang dapat dipantulkan.
4.     Siswa dapat menunjukkan sifat cahaya yang dapat dibiaskan.
5.     Siswa dapat menjelaskan warna pada cahaya putih.
6.     Siswa dapat menjelaskan benda yang dapat dilihat karena benda memantulkan cahaya.
7.     Siswa dapat mendeskripsikan sifat-sifat cahaya.

&   KARAKTER SISWA YANG DIHARAPKAN :
F  Disiplin , Tanggung Jawab, Rasa Hormat, Teliti, Tekun


V.     DAMPAK PENGIRING
Setelah pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi sifat-sifat cahaya diharapkan siswa dapat mendeskripsikan sifat-sifat cahaya.

VI.    MATERI PEMBELAJARAN
Sifat-sifat cahaya.
·         Cahaya berasal dari sumber cahaya, dan sumber cahaya terbesar adalah matahari
·         Benda-Benda yang termasuk sumber cahaya adalah matahari, lampu dll
·         Cahaya mempunyai sifat bahwa cahaya merambat lurus dandapat dibuktikan dengan melihat sinar matahari yang asuk melaui celah pada genting rumah terlihat lurus seperti garis.

VII.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN


No.

Kegiatan Pembelajaran
Pengorganisasian
Siswa
Waktu
Pendidikan Budaya Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal (10 menit)
·       Siswa berdoa bersama, mengucap salam, dan absensi.
·       Memberikan motivasi, mengkondisikan siswa untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.

K

K

5 menit

5 menit

Religius, komunikatif, disiplin, dan tanggung jawab.
2.
Kegiatan Inti (50 menit)
Þ    Eksplorasi
·       Guru menjelaskan cahaya yang berasal dari sumber cahaya.
·       Guru menjelaskan benda-benda yang termasuk sumber cahaya.
·       Guru menjelaskan sifat cahaya yang dapat merambat lurus.
·       Guru menjelaskan bukti bahwa cahaya dapat merambat lurus, misalnya sinar matahari yang masuk melalui celah-celah genting rumah tampak seperti garis-garis lurus yang putih.



Þ    Elaborasi
·       Siswa disuruh maju ke depan kelas untuk menjelaskan bukti-bukti yang lain bahwa cahaya dapat merambat lurus.
·       Siswa secara individu mengerjakan tugas dari guru.
·       Siswa diberi kesempatan untuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.

Þ    Konfirmasi
·       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
·       Pembahasan lembar tugas.
·       Guru memotivasi siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya.


K

K

K

K





I







I

K




K

K
K


5 menit

5 menit


5 menit

5 menit





5 menit







5 menit

5 menit




5 menit

5 menit
5 menit


Jujur, disiplin, kreatif, mdaniri, demokratis, rasa ingin tau, komunikatif, dan tanggung jawab.








Jujur, kreatif, mdaniri, rasa ingin tau, menghargai prestasi, dan tanggung jawab.




Kreatif, mdaniri, jujur, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab.
3.
Kegiatan Akhir (10 menit)
·       Guru memberikan kesimpulan materi di atas, penilaian tugas, pemberian tugas di rumah.
·       Guru menutup dengan doa bersama.

K

K

5 menit

5 menit

Jujur, toleransi, rasa ingin tahu, menghargai, prestasi, dan tanggung jawab

VIII.  METODE PEMBELAJARAN
·        Ceramah
·        Small Discusion
·        Information Search (Mencari informasi)

IX.    SUMBER/BAHAN BELAJAR
·        Buku paket IPA kelas 5 SD
·        Narasumber (guru)
·        Media cetak (majalah, surat kabar)
·        Media elektronik (internet, televisi, dan radio)
·        Perpustakaan
X.     PENILAIAN


............., ............... 20....

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                  Guru Kelas/Mapel,



                                                                                                                                                                               
NIP.                                                                                                                       NIP.






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata pelajaran        : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/ Semester    : V/ II
Alokasi Waktu         : 2x35 menit (1 Pertemuan)

I.      Stdanar Kompetensi
6.     Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya atau model.

II.     Kompetensi Dasar
6.2   Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya.

III.    Indikator
1.     Menunjukkan sifat cahaya yang dapat merambat lurus.
2.     Menunjukkan sifat cahaya yang dapat menembus benda bening.
3.     Menunjukkan sifat cahaya yang dapat dipantulkan.
4.     Menunjukkan sifat cahaya yang dapat dibiaskan.
5.     Menjelaskan warna pada cahaya putih.
6.     Menjelaskan benda yang dapat dilihat karena benda memantulkan cahaya.
7.     Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya.

IV.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.     Siswa dapat menunjukkan sifat cahaya yang dapat merambat lurus.
2.     Siswa dapat menunjukkan sifat cahaya yang dapat menembus benda bening.
3.     Siswa dapat menunjukkan sifat cahaya yang dapat dipantulkan.
4.     Siswa dapat menunjukkan sifat cahaya yang dapat dibiaskan.
5.     Siswa dapat menjelaskan warna pada cahaya putih.
6.     Siswa dapat menjelaskan benda yang dapat dilihat karena benda memantulkan cahaya.
7.     Siswa dapat mendeskripsikan sifat-sifat cahaya.

&   KARAKTER SISWA YANG DIHARAPKAN :
F  Disiplin , Tanggung Jawab, Rasa Hormat, Teliti, Tekun


V.     DAMPAK PENGIRING
Setelah pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi sifat-sifat cahaya diharapkan siswa dapat mendeskripsikan sifat-sifat cahaya.

VI.    MATERI PEMBELAJARAN
Sifat-sifat cahaya.

VII.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

No.

Kegiatan Pembelajaran
Pengorganisasian
Siswa
Waktu
Pendidikan Budaya Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal (10 menit)
·       Siswa berdoa bersama, mengucap salam, dan absensi.
·       Memberikan motivasi, mengkondisikan siswa untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
·       Guru mengulang pelajaran sebelumnya.

K

K


K

2 menit

3 menit


5 menit

Religius, komunikatif, disiplin, dan tanggung jawab.
2.
Kegiatan Inti (50 menit)
Þ    Eksplorasi
·       Guru menyiapkan alat dan bahan yang digunakan untuk membuat periskop sederhana.
·       Guru menjelaskan kembali langkah-langkah kerja dan membuat lup sederhana.


Þ    Elaborasi
·       Siswa secara kelompok mengerjakan kegiatan membuat periskop sederhana.
·       Siswa diberi kesempatan untuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.

Þ    Konfirmasi
·       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
·       Pembahasan lembar tugas.
·       Guru memotivasi siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya.


K

K





Klp






I



K

K
K


5 menit

5 menit





15 menit


5 menit



5 menit

5 menit
5 menit


Jujur, disiplin, kreatif, mdaniri, demokratis, rasa ingin tau, komunikatif, dan tanggung jawab.


Jujur, kreatif, mdaniri, rasa ingin tau, menghargai prestasi, dan tanggung jawab.


Kreatif, mdaniri, jujur, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab.
3.
Kegiatan Akhir (10 menit)
·       Guru memberikan kesimpulan materi di atas, penilaian tugas, pemberian tugas di rumah.
·       Guru menutup dengan doa bersama.

K

K

5 menit

5 menit

Jujur, toleransi, rasa ingin tahu, menghargai, prestasi, dan tanggung jawab

VIII.  METODE PEMBELAJARAN
·        Ceramah
·        Small Discusion
·        Information Search (Mencari informasi)
·        Role Play (Bermain peran)

IX.    SUMBER/BAHAN BELAJAR
·        Buku paket IPA kelas 5 SD
·        Narasumber (guru)
·        Media cetak (majalah, surat kabar)
·        Media elektronik (internet, televisi, dan radio)
·        Perpustakaan

X.     PENILAIAN


............., ............... 20....

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                  Guru Kelas/Mapel,



                                                                                                                                                                               
NIP.                                                                                                                       NIP.
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata pelajaran        : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/ Semester    : V/ II
Alokasi Waktu         : 2x35 menit (1 Pertemuan)

I.          Standar Kompetensi
6.     Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya atau model.

II.         Kompetensi Dasar
6.3   Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya.

III.        Indikator
1.     Menunjukkan sifat cahaya yang dapat merambat lurus.
2.     Menunjukkan sifat cahaya yang dapat menembus benda bening.
3.     Menunjukkan sifat cahaya yang dapat dipantulkan.
4.     Menunjukkan sifat cahaya yang dapat dibiaskan.
5.     Menjelaskan warna pada cahaya putih.
6.     Menjelaskan benda yang dapat dilihat karena benda memantulkan cahaya.
7.     Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya.

IV.       TUJUAN PEMBELAJARAN
1.     Siswa dapat menunjukkan sifat cahaya yang dapat merambat lurus.
2.     Siswa dapat menunjukkan sifat cahaya yang dapat menembus benda bening.
3.     Siswa dapat menunjukkan sifat cahaya yang dapat dipantulkan.
4.     Siswa dapat menunjukkan sifat cahaya yang dapat dibiaskan.
5.     Siswa dapat menjelaskan warna pada cahaya putih.
6.     Siswa dapat menjelaskan benda yang dapat dilihat karena benda memantulkan cahaya.
7.     Siswa dapat mendeskripsikan sifat-sifat cahaya.

&   KARAKTER SISWA YANG DIHARAPKAN :
F  Disiplin , Tanggung Jawab, Rasa Hormat, Teliti, Tekun


V.        DAMPAK PENGIRING
Setelah pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi sifat-sifat cahaya diharapkan siswa dapat mendeskripsikan sifat-sifat cahaya.

VI.       MATERI PEMBELAJARAN
Sifat-sifat cahaya.
·         Lup atau kaca pembesar merupakan alat sederhana yang memanfaatkan adanya cahaya
·         Lup berguna untuk melihat benda- benda kecil yang tak terlihat dengan mata biasa
·         Lup dapat dibuat dengan bola lampu listrik yang diisi dengan air
·         Caranya dengan mebuang lebih dahulu isi bola lampu dan setelah bersih diisi dengan air.

VII.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

No.

Kegiatan Pembelajaran
Pengorganisasian
Siswa
Waktu
Pendidikan Budaya Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal (10 menit)
·       Siswa berdoa bersama, mengucap salam, dan absensi.
·       Memberikan motivasi, mengkondisikan siswa untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
·       Guru mengulang pelajaran sebelumnya.

K

K


K

2 menit

3 menit


5 menit

Religius, komunikatif, disiplin, dan tanggung jawab.
2.
Kegiatan Inti (50 menit)
Þ    Eksplorasi
·       Guru menjelaskan tentang lup atau kaca pembesar.
·       Guru menjelaskan kegunaan lup atau kaca pembesar.
·       Guru menjelaskan tujuan membuat lup sederhana.
·       Guru menjelaskan alat dan bahan untuk membuat lup sederhana.
·       Guru menjelaskan langkah kerja membuat lup sederhana dan cara menguji hasilnya.

Þ    Elaborasi
·       Siswa mengerjakan soal uraian olimpiade.
·       Siswa diberi kesempatan untuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.


Þ    Konfirmasi
·       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
·       Pembahasan lembar tugas.
·       Guru memotivasi siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya.


K

K

K

K

K














I

I



K

K
K


4 menit

4 menit

4 menit

4 menit

4 menit



10 menit

5 menit



5 menit

5 menit
5 menit


Jujur, disiplin, kreatif, mdaniri, demokratis, rasa ingin tau, komunikatif, dan tanggung jawab.
























Jujur, kreatif, mdaniri, rasa ingin tau, menghargai prestasi, dan tanggung jawab.

Kreatif, mdaniri, jujur, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab.
3.
Kegiatan Akhir (10 menit)
·       Guru memberikan kesimpulan materi di atas, penilaian tugas, pemberian tugas di rumah.
·       Guru menutup dengan doa bersama.

K

K

5 menit

5 menit

Jujur, toleransi, rasa ingin tahu, menghargai, prestasi, dan tanggung jawab
XI.    METODE PEMBELAJARAN
·        Ceramah
·        Small Discusion
·        Information Search (Mencari informasi)
·        Role Play (Bermain peran)

XII.   SUMBER/BAHAN BELAJAR
·        Buku paket IPA kelas 5 SD
·        Narasumber (guru)
·        Media cetak (majalah, surat kabar)
·        Media elektronik (internet, televisi, dan radio)
·        Perpustakaan

XIII.  PENILAIAN


............., ............... 20....

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                  Guru Kelas/Mapel,



                                                                                                                                                                               
NIP.                                                                                                                       NIP.










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata pelajaran        : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/ Semester    : V / 2
Alokasi Waktu         : 2x35 menit (1 Pertemuan)


I.      STANDAR KOMPETENSI
II.     Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
II.     KOMPETENSI DASAR
2.1   Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.
III.    INDIKATOR
1.     Menjelaskan penyebab jatuhnya daerah-daerah di Nusantara ke dalam kekuasaan pemerintahan Belanda.
2.     Menjelaskan sistem kerja paksa dan tanam paksa yang pernah terjadi di Indonesia.
3.     Menceritakan perjuangan para tokoh daerah yang melakukan perlawanan terhadap penjajah Belanda.
4.     Menjelaskan pergerakan nasional di Indonesia beserta tokoh-tokohnya.
5.     Menjelaskan latar belakang  pendudukan Jepang di Indonesia.
6.     Menjelaskan sebab dan akibat dari pengerahan tenaga romusha oleh Jepang terhadap rakyat Indonesia.
7.     Menceritakan perlawanan rakyat di daerah terhadap Jepang.
8.     Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.
IV.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.     Siswa dapat menjelaskan penyebab jatuhnya daerah-daerah di Nusantara ke dalam kekuasaan pemerintahan Belanda.
2.     Siswa dapat menjelaskan sistem kerja paksa dan tanam paksa yang pernah terjadi di Indonesia.
3.     Siswa dapat menceritakan perjuangan para tokoh daerah yang melakukan perlawanan terhadap penjajah Belanda.
4.     Siswa dapat menjelaskan pergerakan nasional di Indonesia beserta tokoh-tokohnya.
5.     Siswa dapat menjelaskan latar belakang  pendudukan Jepang di Indonesia.
6.     Siswa dapat menjelaskan sebab dan akibat dari pengerahan tenaga romusha oleh Jepang terhadap rakyat Indonesia.
7.     Siswa dapat menceritakan perlawanan rakyat di daerah terhadap Jepang.
8.     Siswa dapat mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.

&   KARAKTER SISWA YANG DIHARAPKAN :
F  Disiplin , Tanggung Jawab, Rasa Hormat, Teliti, Tekun

V.     DAMPAK PENGIRING
Setelah pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi “Perjuangan Para Tokoh Pejuang pada Masa Penjajahan Belanda dan Jepang“, diharapkan semua siswa dapat mengetahui dan meneladani perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.

VI.    MATERI PEMBELAJARAN
·         Perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.
Ø  Karena bangsa Indonesia masih bodoh sehingga bangsa Belanda dengan mudah merebut/menduduki daerah – daerah di Indonesia
Ø  Sesudah menduduki wilayah-wilayah di Indonesia  Bangsa Belanda mencetuskan sitem tanam paksa dan kerja paksa kepada bangsa Indonesia dengan tanpa upah.
Ø  Tanam paksa adalah orang Indonesia disuruh menanam dan hasilnya harus di serahkan kepada Belanda. Sedangkan kerja paksa adalah orang Indonesia harus bekerja kepada Belanda tanpa henti dan tanpa upah’
VII.   LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN


No.

Kegiatan Pembelajaran
Pengorganisasian
Siswa
Waktu
Pendidikan Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal (10 menit)
·       Siswa berdoa bersama, mengucapkan salam, dan absensi.
·       Memberikan motivasi, mengkondisikan siswa untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.

K

K




4 menit

6 menit



Religius, disiplin, bersahabat/komunikatif.

2.
Kegiatan Inti (50 menit)
Þ    Eksplorasi
·   Guru menjelaskan sebab jatuhnya daerah-daerah di Nusantara ke dalam kekuasaan pemerintahan Belanda serta menjelaskan  sistem kerja paksa dan tanam paksa yang pernah dialami bangsa Indonesia.
·   Bertanya jawab mengenai sebab jatuhnya daerah-daerah di Nusantara ke dalam kekuasaan pemerintahan Belanda serta sistem kerja paksa dan tanam paksa yang pernah dialami bangsa Indonesia.
Þ    Elaborasi
·   Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan sebab jatuhnya daerah-daerah di Nusantara ke dalam kekuasaan pemerintahan Belanda serta sistem kerja paksa dan tanam paksa yang pernah dialami bangsa Indonesia.
·   Siswa berdiskusi mengenai sebab jatuhnya daerah-daerah di Nusantara ke dalam kekuasaan pemerintahan Belanda serta sistem kerja paksa dan tanam paksa yang pernah dialami bangsa Indonesia.
Þ    Konfirmasi
·   Guru bertanya jawab tentang materi yang belum diketahui siswa.
·   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan, dan penyimpulan.
·   Memotivasi siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya.


K





K






K




Klp





K

K


K


8 menit





8 menit






5 menit




8 menit





8 menit

8 menit


5 menit



Bersahabat/komunikatif, toleransi, dan kerja keras.









Jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, tanggung jawab.






Rasa ingin tahu, mandiri, toleransi, bersahabat/komunikatif, menghargai prestasi.

3.
Kegiatan Akhir (10 menit)
·       Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang dipelajari.
·       Guru melakukan refleksi kegiatan yang sudah dilaksanakan.
·       Berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

K

K


K

4 menit

3 menit


3 menit


Kreatif, bersahabat/komunikatif, religius.

VIII.  METODE PEMBELAJARAN
·         Pendekatan konstektual
·      Pendekatan Information Search                                       ·      Tanya jawab
·      Pendekatan Active Debate                                                ·      Penugasan
·      Pendekatan Small Group Discussion

IX.     SUMBER/BAHAN BELAJAR
§  Buku materi IPS SD kelas 5
§  Buku LKS Maestro kelas 5
§  BSE IPS SD kelas 5
§  Narasumber (guru, orang tua, dan masyarakat)
§  Media cetak (majalah, surat kabar)
§  Media elektronik (internet, VCD/DVD, televisi, radio)




















X.      PENILAIAN






 

                                                                                                                                                ............., ............... 20....

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                  Guru Kelas V

                                                                                                                                                                               
NIP.                                                                                                                        NIP.






























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata pelajaran        : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/ Semester    : V / 2
Alokasi Waktu         : 2x35 menit (1 Pertemuan)


I.      STANDAR KOMPETENSI
III.    Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
II.       KOMPETENSI DASAR
2.2   Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.
III.      INDIKATOR
1.     Menjelaskan penyebab jatuhnya daerah-daerah di Nusantara ke dalam kekuasaan pemerintahan Belanda.
2.     Menjelaskan sistem kerja paksa dan tanam paksa yang pernah terjadi di Indonesia.
3.     Menceritakan perjuangan para tokoh daerah yang melakukan perlawanan terhadap penjajah Belanda.
4.     Menjelaskan pergerakan nasional di Indonesia beserta tokoh-tokohnya.
5.     Menjelaskan latar belakang  pendudukan Jepang di Indonesia.
6.     Menjelaskan sebab dan akibat dari pengerahan tenaga romusha oleh Jepang terhadap rakyat Indonesia.
7.     Menceritakan perlawanan rakyat di daerah terhadap Jepang.
8.     Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.
IV.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.     Siswa dapat menjelaskan penyebab jatuhnya daerah-daerah di Nusantara ke dalam kekuasaan pemerintahan Belanda.
2.     Siswa dapat menjelaskan sistem kerja paksa dan tanam paksa yang pernah terjadi di Indonesia.
3.     Siswa dapat menceritakan perjuangan para tokoh daerah yang melakukan perlawanan terhadap penjajah Belanda.
4.     Siswa dapat menjelaskan pergerakan nasional di Indonesia beserta tokoh-tokohnya.
5.     Siswa dapat menjelaskan latar belakang  pendudukan Jepang di Indonesia.
6.     Siswa dapat menjelaskan sebab dan akibat dari pengerahan tenaga romusha oleh Jepang terhadap rakyat Indonesia.
7.     Siswa dapat menceritakan perlawanan rakyat di daerah terhadap Jepang.
8.     Siswa dapat mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.

&   KARAKTER SISWA YANG DIHARAPKAN :
F  Disiplin , Tanggung Jawab, Rasa Hormat, Teliti, Tekun

V.      DAMPAK PENGIRING
Setelah pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi “Perjuangan Para Tokoh Pejuang pada Masa Penjajahan Belanda dan Jepang“, diharapkan semua siswa dapat mengetahui dan meneladani perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.

VI.     MATERI PEMBELAJARAN
·         Perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.
Ø  Perlawanan bangsa Indonesia kepada Pemerintahan Belanda di berbagai daerah di Indonesia
Ø  Misalnya Di Jawa Tengah dengan tokohnya yang terkenal yaitu Pangeran Diponegoro
Ø  Di Aceh Perjuangannya di pimpin oleh Cut Nyak Dien
Ø  Di Sumatera Barat Perjuangannya Di pimpin oleh Tuanku Imam Bonjol dan masih banyak lagi tokoh – tokoh dari daerah lain yang berjuang untuk mengusir bangsa Belanda dari Indonesia.
VII.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

No.

Kegiatan Pembelajaran
Pengorganisasian
Siswa
Waktu
Pendidikan Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal (15 menit)
·       Siswa berdoa bersama, mengucapkan salam, dan absensi.
·       Memberikan motivasi, mengkondisikan siswa untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
·       Bertanya jawab tentang pelajaran terakhir yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya.

K

K


K



2 menit

5 menit


8 menit



Religius, disiplin, bersahabat/komunikatif.

2.
Kegiatan Inti (45 menit)
Þ    Eksplorasi
·   Guru menceritakan perjuangan para tokoh daerah untuk mengusir penjajah Belanda.
·   Bertanya jawab mengenai perjuangan para tokoh daerah untuk mengusir penjajah Belanda.
Þ    Elaborasi
·   Guru menugaskan siswa untuk menceritakan perjuangan para tokoh daerah untuk mengusir penjajah Belanda.
·   Siswa berdiskusi mengenai perjuangan para tokoh daerah untuk mengusir penjajah Belanda.
Þ    Konfirmasi
·   Guru bertanya jawab tentang materi yang belum diketahui siswa.
·   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan, dan penyimpulan.
·   Memotivasi siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya.


K


K


K


Klp




K

K

K


8 menit


8 menit


8 menit


 8 menit




8 menit

3 menit

2 menit


Bersahabat/komunikatif, toleransi, semangat kebangsaan, cinta tanah air, dan kerja keras.

Jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, semangat kebangsaan, cinta tanah air, tanggung jawab.


Rasa ingin tahu, mandiri, toleransi, bersahabat/komunikatif, menghargai prestasi.
3.
Kegiatan Akhir (10 menit)
·       Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang dipelajari.
·       Guru melakukan refleksi kegiatan yang sudah dilaksanakan.
·       Berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

K


K

K

5 menit


3 menit

2 menit


Kreatif, bersahabat/komunikatif, religius.

VIII.   METODE PEMBELAJARAN
·         Pendekatan konstektual
·      Pendekatan Information Search                                       ·      Tanya jawab
·      Pendekatan Active Debate                                                ·      Penugasan
·      Pendekatan Small Group Discussion
IX.     SUMBER/BAHAN BELAJAR
§  Buku materi IPS SD kelas 5
§  Buku LKS Maestro kelas 5
§  BSE IPS SD kelas 5
§  Narasumber (guru, orang tua, dan masyarakat)
§  Media cetak (majalah, surat kabar)
§  Media elektronik (internet, VCD/DVD, televisi, radio)
X.      PENILAIAN

 

                                                                                                                                                ............., ............... 20....

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                  Guru Kelas V

                                                                                                                                                                               
NIP.                                                                                                                        NIP.


1 komentar: