PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PENEMUAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI
AB I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Identifikasi Masalah
Berdasarkan
pengalaman penulis selama mengajarkan matapelajaran matematika,
menemukan bahwa sebagian besar hasil belajar atau pengatahuan yang
diperoleh siswa tidak tahan lama untuk diingat atau mereka mudah
melupakannya. Salah satu faktor penyebabnya adalah pendekatan yang
digunakan oleh guru kurang efektif dalam proses pembelajaran. Pendekatan
mengajar guru masih menggunakan pendekatan tradisional, yaitu siswa
secara langsung diberikan rumus tanpa memberikan konstribusi ide dalam
pembelajaran.
C. Batasan dan Rumusan Masalah
D. Tujuan Penelitian
Tujuan
yang ingin dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini adalah untuk
meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri
............melalui penggunaan metode penemuan dalam proses pembelajaran
E. Manfaat Hasil Penelitian
BAB II. KAJIAN PUSTAKA
A. Kajian Teori
1 . Pengertian Belajar
2. Pengertian mengajar
3. Pengertian pembelajaran
4. Pengertian hasil belajar
5. Metode Pembelajaran Melalui Metode Penemuan
B. Kajian Hasil Penelitian
BAB III. METODE PENELITIAN
A. Objek Tindakan
B. Subjek Penelitian
C. Metode Pengumpulan Data
D. Metode Analisis Data
E. Cara Pengambilan Kesimpulan
BAB IV. HASIL PENELITIAN
A. Gambaran Selintas tentang Setting
Penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan
setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan; pelaksanaan tindakan;
observasi dan evaluasi analisis dan refleksi.
Faktor-faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah :
1. Faktor input, meliputi:
a. Siswa Kelas V SD Negeri ......... yang mengikuti pembelajaran matematika melalui metode penemuan.
b. Materi pelajaran yaitu: luas bangun datar
c. Lingkungan belajar siswa
Mengingat
kemampuan siswa dalam memahami dan menyelesaikan soal matematika
cenderung masih rendah, maka akan diamati seberapa besar tingkat
kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika dalam pembelajaran
dengan menggunakan metode penemuan.
2.
Faktor proses, yaitu: proses pembelajaran matematika melalui metode
penemuan. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah terjadi atau ada
interaksi antara guru dengan siswa serta antara siswa dengan siswa agar
kegiatan belajar mengajar berlangsung efektif dan efisien.
3. Faktor hasil, yaitu: hasil belajar yang diperoleh siswa setelah diberikan tes pada akhir siklus.
B. Uraian Penelitian Secara Umum
C. Penjelasan Per siklus
D. Proses Menganalisis Data
E. Pembahasan dan Pengambilan Kesimpulan
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka dapat ditarik beberapa kesimpulan antara lain:
1. Hasil
tes belajar siswa kelas V SDN ........ mengalami peningkatan. Pada
siklus I, rata-rata skor siswa 6,77 menjadi 7,35 pada siklus II.
2. Terjadinya
peningkatan jumlah siswa siswa kelas V SDN ......... yang tuntas
belajar dari 11 siswa untuk siklus I menjadi 17 siswa untuk siklus II.
3. Keberanian siswa meningkat untuk tampil kedepan kelas menjawab soal-soal latihan maupun soal-soal tugas di papan tulis.
4. Metode
penemuan ternyata selain meningkatkan pemahaman matematika juga dapat
ditandai dengan meningkatnya kemandirian siswa dan rasa percaya diri
untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan.
B. Saran
.....................
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar